BEM Prodi Pendidikan Bahasa Jerman menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKKMB) Bagi Mahasiswa Baru tingkat Prodi. Sejumlah 45 orang mahasiswa baru (maba) terdaftar di Prodi Bahasa Jerman yang terdiri dari 14 orang mahasiswa dan 31 orang mahasiswi. Para maba ini berasal dari berbagai sekolah menengah di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.

 

Pada kegiatan PKKMB tahun ini, BEM Prodi mengadakan rekrutmen terbuka bagi mahasiswa angkatan 2022 untuk berpartisipasi dalam kepanitiaan. Acara dimulai dari Pra-PKKMB pada 18 Agustus 2023. Pra-PKKMB dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arahan dan pembekalan pada mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan PKKMB sebagai acara puncaknya.

 

Setelah Pra-PKKMB, kegiatan dilanjutkan dengan PAS 1 (pelaksanaan) PKKMB Prodi pada tanggal 21 Agustus 2023. Dalam kegiatan ini, mahasiswa menerima berbagai macam materi dari para dosen Prodi. Namun sebelum pemberian materi berlangsung, seluruh dosen Prodi berkesempatan untuk memperkenalkan diri pada mahasiswa baru. Materi yang disampaikan meliputi informasi akademik, kurikulum, erste stunde Deutsch (1 jam pertama Bahasa Jerman bagi mahasiswa baru) dan juga kiat sukses belajar di Universitas. Para mahasiswa baru terlihat antusias dan sangat aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Dalam penyampaian materi, para dosen melibatkan mahasiswa untuk berinterkasi secara aktif, sehingga kegiatan terasa sangat menyenangkan.

 

Dalam rangkaian acara terakhir PKKMB Prodi, yaitu PAS 2 (pelaksanaan hari ke-2) yang diadakan pada tanggal 23 Agustus 2023, mahasiswa baru mempresentasikan kota-kota di Jerman secara berkelompok. Sebelumnya mereka sudah mencari informasi mengenai deskripsi, tempat-tempat bersejarah, maupun makanan khas dari masing-masing kota di Jerman lalu menuangkannya ke dalam sebuah poster. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kota-kota di Jerman dan ciri khasnya kepada mahasiswa baru.  

 

Setelah seluruh kelompok mempresentasikan poster masing-masing, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan yel-yel dari setiap kelompok. Hal ini dapat mengasah kreativitas para mahasiswa baru, karena mereka harus menciptakan yel-yel yang unik dan menarik, serta dapat membangkitkan semangat para mahasiswa di tengah-tengah agenda PKKMB yang padat. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Angkatan Prodi Pendidikan Bahasa Jerman 2023 secara langsung. Lalu terpilihlah mahasiswa atas nama Ryanne Renaningtyas sebagai Ketua Angkatan 2023. Kegiatan diakhiri dengan pembagian hadiah bagi seluruh mahasiswa baru PSPBJ.