Jumat, 17 Februari 2023 menjadi salah satu hari bersejarah bagi Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ. Di hari tersebut PSPBJ kedatangan tamu dari HTWG (Hochschule Technik Wirtschaft und Gestaltung) Konstanz, Jerman. Kedatangan tamu dari Jerman ini bermaksud untuk mempererat Kerjasama antara UNJ-dalam hal ini-Prodi Pendidikan Bahasa Jerman dengan HTWG Konstanz melalui penandatanganan Addendum to Agreement on Academic Cooperation and Exchange yang sebelumnya bernama Double Degree. Melalui program ini, mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman UNJ dapat melanjutkan kuliah di HTWG Konstanz dengan mengambil konsentrasi WMT (Wirtschaftskommunikation, Management und Tourismus) atau Komunikasi Bisnis, Manajemen dan Pariwisata. Mahasiswa yang mengikuti program ini telah menyelesaikan kuliah di UNJ setidaknya selama 6 semester, lalu akan melanjutkan kuliah di HTWG Konstanz selama 4 semester. Pada akhirnya mahasiswa-mahasiswa ini akan memiliki dua gelar, yaitu dari UNJ dan juga dari HTWG Konstanz.
Penandatanganan Kerjasama ini dilaksanakan di Gedung M. Syafei lantai 8 dengan dihadiri perwakilan dari UNJ yaitu Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama. Selain itu hadir pula jajaran Dekan dan Wakil Dekan dari masing-masing Fakultas, Tim Pengembang WR I dan WR IV, Koorprodi Pendidikan Bahasa Jerman dan Sub Koor Layanan Kerjasama dan Humas, Bakhum. Sedangkan dari HTWG Konstanz diwaliki oleh Prof. Christian von Lübke selaku Koordinator Kerjasama HTWG Konstanz untuk wilayah Asia Tenggara, dan juga Prof. Dr. Gabriele Thelen selaku Koorprodi WMT dan Direktur Pusat Kajian Cina.
Kedatangan pimpinan HTWG Konstanz juga disambut baik oleh Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. selaku Dekan FBS untuk memperkenalkan lebih jauh mengenai program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Hal ini bertujuan untuk menarik minat mahasiswa Jerman untuk belajar Bahasa Indonesia. Tentunya kegiatan ini akan memberikan dampak positif kepada kedua belah pihak. Harapannya, akan banyak mahasiswa-mahasiswa dari HTWG Konstanz yang belajar Bahasa dan budaya Indonesia secara langsung di FBS UNJ. Sehingga tujuan untuk menginternasionalisasikan Bahasa Indonesia dapat tercapai.
Selain membahas berbagai macam Kerjasama, dalam kegiatan tersebut, ada beberapa hal yang didiskusikan antara UNJ dan HTWG Konstanz diantaranya mengenai pertukaran mahasiswa, kegiatan magang mahasiswa, pertukaran dosen atau staf, kolaborasi penelitian antara UNJ dan HTWG Konstanz, kegiatan dosen tamu, serta Kerjasama kegiatan kemahasiswaan seperti kegiatan kewirausahaan, workshop dan kompetisi. Harapannya melalui pertemuan ini, akan banyak kolaborasi yang terjadi antara UNJ dan HTWG Konstanz. Tentu saja kegiatan ini akan banyak memberikan manfaat kepada kedua belah pihak, utamanya untuk membuka wawasan keilmuan dalam kancah internasional.
Dalam kesempatan ini kedatangan Prof. Christian von Lübke dan Prof. Dr. Gabriele Thelen ke UNJ juga bermaksud untuk menyeleksi secara langsung para mahasiswa dari UNJ yang akan mengikuti program Double Degree ini. Selain mahasiswa dari UNJ, ada juga mahasiswa dari UI yang turut serta mengikuti ujian seleksi ini, yang difasilitasi oleh FBS dan PSPBJ, dan dilaksanakan secara luring. Para peserta seleksi ini mengikuti dua macam tes, yaitu tes tulis yang mencakup pengetahuan Bahasa Jerman dan ilmu bisnis, serta tes wawancara yang diadakan di hari yang sama. Segenap civitas Prodi Pendidikan Bahasa Jerman berharap semoga banyak mahasiswa dari PSPBJ yang akan lolos seleksi dan dapat melanjutkan kuliah di HTWG Konstanz.