Dalam kerangka merealisasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, dosen program studi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ (PSPBJ) melaksanakan pengabdian masyarakat (P2M). Kegiatan P2M kali ini yaitu memberikan pelatihan bagi guru-guru di sekolah yang mengajar Bahasa Jerman di wilayah Bekasi, Depok dan Tangerang. Pelatihan yang diberikan yaitu keterampilan menulis bahasa Jerman tingkat B1 dengan terintegrasi penggunaan media digital dalam pembelajaran. Tujuan dari diadakannya P2M ini yaitu agar para guru memiliki kompetensi Bahasa Jerman yang baik, terutama dalam keterampilan menulis. Kemudian diharapkan dari kegiatan pelatihan ini para peserta yang merupakan guru ini bersiap untuk mengikuti Ujian B1 dan bisa lulus mendapatkan nilai yang memuaskan. Selain itu juga kegiatan ini diharapkan para guru dapat menggunakan keterampilan media digital dalam pembelajaran bahasa Jerman.

Kegiatan P2M ini diadakan dengan 2 tahap. Tahap pertama yaitu memberikan tes awal atau pretest. Kegiatan pertama ini sudah dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Oktober 2022 Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting. Acara pertama dimulai dengan pembukaan sekaligu sambutan yang disampaikan oleh ibu Koorprodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ, Ibu Dr. Ellychristina, D. Hutubessy, M.Pd. dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas kesediaan para guru untuk mengikuti pelatihan ini. “semoga para guru dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat agar selanjutnya bisa menjadi bekal ketika nanti mengikuti ujian Bahasa Jerman tingkat B1” pesannya. Rangkaian acara pada sesi pertama ini yaitu berupa pretes semua keterampilan berbahasa. Pretes pertama yaitu kemampuan penguasaan tata Bahasa dan kosakata, setelah itu dilanjutkan secara berurutan dari keterampilan mendengarkan, memahami bacaan, menulis dan sampai terakhir tes berbicara. Acara yang dimulai dari pukul 08.00 WIB ini berakhir sampai

16.30 WIB. Tes keterampilan menulis dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB sampai 14.20. para peserta yang berjumlah 8 guru ini mengerjakan soal keterampilan menulis B1 yang diberikan mellaui tautan G-Form oleh instruktur yaitu bapak Fauzan Adhima, M.Pd dan Ibu Dr. Ellychristina, D. Hutubessy, M.Pd. tes keterampilan menulis ini terdiri dari 3 bagian yang secara keseluruhan diselesaikan selama 60 menit. Seperti biasanya kendala yang timbul pada pelaksanaan tes yang dilakukan secara virtual yaitu sinyal atau koneksi internet.

 

Beberapa peserta terkendala dengan gangguan sinyal sehingga sedikit mengganggu jalannya pelaksanaan. Namun kendala tersebut bisa segera diatasi sehingga semua peserta dapat mengerjakan soal yang diberikan sampai waktu yang ditentukan. Dari hasil postes pada pelaksanaan hari pertama ini akan terlihat bagaimana kemampuan awal para guru dalam menguasai materi ujian Bahasa Jerman tingkat B1. Kegiatan keduanya akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2022 dengan agenda memberikan materi sekaligus membahas tips dan trik dalam mengerjakan soal ujian. Selain itu pemberian materi ini disertai dengan pengenalan dan penggunaan media digital dalam pembelajaran bahasa Jerman.