2 tahun pandemi Covid-19 melanda dunia berimbas juga pada kegiatan perkuliahan yang diselenggarakan di prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ. Sejak 2019 perkuliahan dan kegiatan akademik maupun kemahasiswaan dilaksanakan secara daring atau virtual. Namun mulai tahun ajaran 2022/2023 ini prodi Pendidikan Bahasa Jerman sudah memulai perkuliahan secara tatap muka, kendati belum 100%. Untuk mengawali perkuliahan semester 117 ini prodi Pendidikan Bahasa Jerman mengadakan kuliah umum dengan tema Kompetensi Lintas Budaya dan relevansinya di era Smart Society 5.0. kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka langsung di Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana UNJ pada tanggal 21 September 2022. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ.

Dalam sambutannya, Koorprodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ, Ibu Dr. Ellychristina, D. Hutubessy, M.Pd. menyampaikan terima kasih kepada pemateri yang sudah hadir untuk menyampaikan materi yang sangat berguna untuk mahasiswa. “Diharapkan dengan kuliah umum ini baik dosen dan mahasiswa dapat lebih mengenal komunikasi antar budaya dan memahami bahwa penting untuk mengenal budaya Jerman sehingga menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi”, Ujarnya.

Acara yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini dalam rangka menyambut perkuliahan semester baru dan mengenalkan atmosfer akademik kepada mahasiswa baru. Selaku narasumber pada kuliah umum ini yaitu Antje Nehls, M.A. Beliau saat ini merupakan kepala staf Bildungkooperationsdienst atau Bagian Kerja sama Pendidikan dan Konsultasn Ahli Bidang Pengajaran Bahasa Jerman di Goethe Institute Jakarta. Materi yang disampaikan sangat menarik menyangkut bagaimana Bahasa dan komunikasi lintas budaya anatara Indonesia dan Jerman bisa dipahami dan diaplikasikan sehingga dapat menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Acara ini juga didampingi oleh Bapak Arpani selaku Moderator sekaligus membantu alih bahasa yang disampaikan pemateri.