2 Tim debat bahasa Jerman UNJ berhasil meraih Juara 2 dan 3 pada kompetisi Debat bahasa Jerman tingkat Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan oleh program studi pendidikan bahasa Jerman yang bekerja sama dengan Goethe Institut-Indonesia, DAAD Jakarta, Kedutaan Besar Austria di Jakarta dan Forum Fakultas Bahasa dan Seni Indonesia. Acara ini berlangsung pada tanggal 26 dan 27 Juli 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting.  

Tim UNJ 1 yaitu Eka Damayanti dan Adinda Mifta Dera yang merupakan mahasiswa semester 6 dan 8 prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ. Pada babak kualifikasi sampai semi final, tim ini berhasil mengalahkan lawannya dari tim debat bahasa Jerman Universitas Negeri Malang dan tim debat dari STBA Yapari-ABA Bandung. Sedangkan Tim UNJ 2 yaitu Muhammad Reihan Fahlevi dan Aisyah Izzati berhasil mengalahkan tim Debat Bahasa Jerman dari STBA Yapari-ABA Bandung dan Universitas Negeri Medan. Dari hasil tersebut tim UNJ 1 dan 2 lolos ke babak final bersama tim Debat Bahasa Jerman dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Pada babak final, ketiga tim saling berhadapan dan beradu argumentasi mengenai topik yang mereka dapatkan. Dari hasil yang diumumkan dewan juri didapatkan bahwa pemenangnya adalah dari tim debat Bahasa Jerman UPI bandung, sedangkan tim UNJ 1 dan 2 meraih juara 2 dan 3. 

Hasil ini tentunya membuat tim debat dari UNJ merasa bangga akan perjuangan dan prestasi yang merka dapatkan. Adinda Mifta Dera mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada para dosen prodi pendidikan bahasa Jerman UNJ yang telah membimbingnya sehingga meraih prestasi tersebut. Begitu pula dengan Muhammad Reihan Fahlevi yang bangga karena sebelumnya tidak menduga bahwa timnya dapat lolos ke tahap final dan meraih Juara 3.

Ibu Dr. Ellychristina, D. Hutubessy, M.Pd. selaku Kooprodi pendidikan bahasa Jerman UNJ menyampaikan ungkapan bahagia sekaligus terima kasih atas perjuangan dan prestasi yang diarih oleh keempat mahasiswa tersebut. “Selamat dan terima kasih telah berjuang meriah Juara 2 dan 3. Semoga prestasi ini dapat memicu semangat mahasiswa lainnya untuk berprestasi walaupun berada pada masa pandemi”, ujarnya.

 

Bertindak selaku juri pada kompetisi ini yaitu Antje Nehls, M.A dari Goethe Institut-Indonesia dan Christian Rabl, M.A dari DAAD-Jakarta. Pada kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa bahasa Jerman se-Indonesia ini, Tim UNJ 1 peraih juara 2 berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 2.500.000 dan doorprize. Sedangkan Tim UNJ 2 yang meraih Juara 3 mendapatkan Rp. 1.500.000 dan doorprize.. Selain uang tunai tersebut, para pemenang juara 1 hingga 3 juga berhak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Online Deutschkurs di Goethe Institute-Indonesia.

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman ini tentunya menambah semangat bagi para mahasiswa UNJ lainnya untuk terus berprestasi di tengah pendemi.

 

FA