Austria merupakan salah satu negara di eropa yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resmi di negaranya. Selain itu juga negara ini sangat berdekatan dengan negara Jerman sehingga tidak hanya bahasa melainkan juga memiliki kultur yang tidak jauh berbeda. Maka tidak heran apabila prodi pendidikan bahasa Jerman UNJ menjalin hubungan dan kerjasama dengan pemerintah Austria baik dalam hal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia maupun sistem pembelajaran.

Hal tersebut mendapatkan sinyal positif bagi Universitas Negeri Jakarta dan prodi Pendidikan bahasa Jerman UNJ dengan adanya  kunjungan dari  Duta Besar dari Austria H.E. Dr. Johannes Peterlik beserta istrinya. Acara ini dilaksanakan di ruang VIP, Gedung Rektorat UNJ lantai 1 pada Jumat, 30 April 2021.

Dalam kunjungan tersebut dihadiri juga oleh Rektor UNJ, Ketua Senat UNJ, para Wakil Rektor UNJ, Dekan dan Wakil Dekan FBS, Kepala KUI, Kepala Humas, Kepala UPT Bahasa, Koorprodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ beserta staf dosen dan para Pejabat lainnya di lingkungan Universitas Negeri Jakarta.

Dubes Austria mengungkapkan rasa terima kasih dan senang karena bisa hadir untuk mengenal lebih dekat UNJ, tidak menutup kemungkinan ke depannya antara UNJ dan pemerintah Austria  menjalin Kerjasama.

Acara ini juga diisi dengan pemaparan kurikulum prodi pendidikan bahasa Jerman UNJ, dosen, mahasiswa sampai pada kerjasama yang sedang dijalankan. Presentasi  tersebut disampaikan langsung oleh beberapa dosen dari prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ. Dalam kesempatan ini Bapak Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si berharap adanya Kerjasama lanjutan dengan pihak pemerintah Austria, seperti pemberian beasiswa baik kepada dosen maupun mahasiswa. Seperti program Double Degree yang saat ini sedang dijalankan oleh prodi pendidikan bahasa Jerman UNJ bersama Universitas HTWG Konstanz, Jerman. 

Acara kunjungan ini ditutup dengan foto bersama dan pemberian cinderamata dari UNJ untuk Dubes Austria, salah satunya memberikan Syal yang terbuat dari tenun NTT.