2 Tim dari program studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta berhasil meraih Juara 1 dan Juara 2 pada kompetisi Storytelling bahasa Jerman tingkat mahasiswa di kawasan Asia Tenggara. Kegiatan ini diselenggarakan oleh program studi pendidikan bahasa Jerman UNJ dan bekerja sama dengan Goethe Institut-Indonesia, DAAD Jakarta, Kedutaan Besar Austria di Jakarta dan Forum Fakultas Bahasa dan Seni Indonesia. Kompetisi Storytelling tingkat mahasiswa Asia Tenggara ini diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada 2 Agustus 2021.

Tim UNJ yang mendapatkan Juara 1 pada kompetisi ini diraih oleh  Adinda Mifta Dera, dengan anggotanya yaitu Tari Amalia, Astri Wulandari, dan Wan Kamalia. Stroytelling yang mereka  buat dalam bentuk video berdurasi 7 menit mengenai salah satu dongeng dari karya sastra Jerman yang berjudul “Der Hase und Der Igel”. Adinda sangat kaget ketika mendengar pengumuman dari Juri yang menyatakan bahwa kelompoknya menjadi juara 1. “Saya tidak menduga bahwa kelompok kami yang menjadi pemenang. Saya melihat video storytelling dari kelompok lain yang juga bagus. Tapi alhamdulillah hasil dari kerja keras tim dan bimbingan dari Ibu Dra. Azizah Hanoum Siregar, M.Pd kami telah meraih hasilnya”, ungkapnya.

Tim UNJ yang lainnya yang meraih Juara 2 pada kompetisi ini yaitu dari kelompok Delima Puspita dengan anggotanya Muayati, Nurmala Hasanah, dan Ditha Talia. Mereka menyerahkan hasil karya storytelling dalam bentuk video berdurasi 7 menit dengan judul “ Frau Holle”. Delima mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diraih bersama timnya tersebut, “Terima kasih kepada seluruh anggota tim saya yang telah bekerja keras dan juga ibu Melky Ayu Wijayanti, M.Pd selaku dosen pembimbing kami. Puji tuhan kami meraih juara 2, semoga menjadi motivasi agar kami terus berkarya dan berprestasi”.

Bertindak selaku juri pada kompetisi ini yaitu Bapak Hartono dari Goethe Institut-Indonesia dan Philip Rösll dari Keudutaan Austria di Jakarta. Kalompok Adinda yang meraih Juara 1 pada kompetisi tingkat ASEAN ini berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 3.000.000 beserta doorprize, sedangkan Juara 2 pada kelompok Delima Puspita mendapatkan Rp. 2.500.000 beserta doorprize. Prestasi yang diraih oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman ini tentunya menambah semangat bagi para mahasiswa UNJ lainnya untuk berkarya dan berprestasi tidak hanya di Indonesia saja melainkan dalam kancah Internasional.

 

 

FA