[easingslider id=”778″]

Pada tanggal 20 Mei 2021, Program Studi Bahasa Jerman berpartisipasi dalam Lomba Cipta Karya Puisi Bahasa Jerman Tingkat Nasional. Kompetisi ini diadakan oleh Die Vereinigung der Deutschstudenten Universitas Sam Ratulangi dan Ikatan Mahasiswa Bahasa Jerman Indonesia (IMBJSI). Partisipasi Program Studi Bahasa Jerman dalam kompetisi ini membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Ialah Asti Wulandari, mahasiswi program studi pendidikan bahasa Jerman yang telah meraih predikat juara 1 pada kompetisi ini.

Adapun Tema cipta karya puisi pada kompetisi ini adalah “Die Träume”. Puisi yang dibuat oleh Astri untuk lomba cipta karya puisi pada tahun ini terinspirasi dari anak-anak di Palestina. “Saya mencoba membayangkan bagaimana kehidupan mereka di sana. Saya yakin bahwa mereka sebenarnya punya banyak mimpi. Namun, sayangnya mereka tidak seberuntung kita. Pasti sulit sekali bagi mereka untuk mewujudkannya karena kehidupan mereka di sana pun sudah sulit. Oleh karena itu, saya ingin sekali menyuarakan mimpi-mimpi mereka melalui puisi saya” ungkapnya. Sehingga puisi tersebut diberi judul “Keine Träume in Palästina”. Tidak hanya kali ini, Astri Wulandari juga pernah mempersembahkan medali juara 3 untuk Program Studi Bahasa Jerman, UNJ dalam Kompetisi Pidato Bahasa Jerman Tingkat Nasional tahun 2020.

Kompetisi Cipta Karya Puisi Bahasa Jerman ini merupakan pengalaman pertama  yang diikuti Astri. Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang turut andil dalam keberhasilannya, “Saya senang sekali dapat meraih juara 1. Saya percaya bahwa keberhasilan saya tak terlepas dari doa orang tua saya dan juga ilmu yang telah diberikan oleh dosen-dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jerman di UNJ, terutama Ibu Dra. Azizah Hanoum Siregar, M.Pd. yang telah memperkenalkan karya sastra Jerman kepada saya pada saat saya mengikuti mata kuliah Literatur im DaF-Unterricht”.

 

Astri berpesan kepada seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ  untuk  tetap semangat dalam belajar bahasa Jerman dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Jerman. Dari prestasi yang didapatkan ini, Astri berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp600.000,00 dan sertifikat elektronik.