[easingslider id=”769″]

2 dosen prodi pendidikan bahasa Jerman UNJ, yaitu Dra. Kurniasih Ratri Handayani, M.A dan Fauzan Adhima, S.Pd., M.Pd telah mengikuti Wokshop Prüfungsvorbereitung B1 (PV-B1) yang diselenggarakan secara virtual oleh Bagian Kerjasama Pendidikan Goethe Institute Indonesia (Bildungskooperation Deutsch – BKD). Kegiatan Workshop Prüfungsvorbereitung B1 gelombang pertama ini diikuti oleh beberapa dosen bahasa Jerman se-Indonesia ini dilaksanakan dari pukul 09.00 – 13.00 WIB selama tiga hari pada tanggal 5-7 April 2021.

Workshop Prüfungsvorbereitung B1 ini merupakan penyegaran dan pembekalan bagi dosen-dosen bahasa Jerman di Indonesia agar memiliki wawasan dan pegalaman yang baik dalam hal mengajarkan dan menyiapkan mahasiswanya lulus dan berhasil dalam ujian bahasa Jerman tingkat B1. Selaku instruktur pada Workshop ini yaitu Bapak Dadan Hamdani, S.Pd yang merupakan kepala bagian kursus bahasa Jerman dari Goethe-Institute Bandung. Dalam pemaparannya beliau memberikan tips dan trik agar mahasiswa dapat lulus ujian bahasa Jerman tingkat B1. Para peserta Workshop yang merupakan dosen pengajar mata kuliah Prüfungsvorbereitung B1di kampusnya masing-masing membagikan info dan pengalamannya ketika mengajarkan mata kuliah tersebut. Ibu Dra. Kurniasih Ratri Handayani, M.A yang merupakan peserta dari dosen pendidikan bahasa Jerman UNJ menjelaskan bahwa perkuliahan  PV-B1 yang dilaksanakan semester lalu terkendala dengan adanya pandemi, “perkuliahan PV-B1 di kelas saya dilaksanakan secara virtual karena adanya pandemi Covid-19. Dengan waktu yang sedikit, saya agak kesulitan memberikan banyak materi kepada mahasiswa. Tapi untungnya mahasiswa bisa melaksanakan tugas secara mandiri di rumah sehingga ketika bertemu secara virtual kami bisa membahasnya bersama”.

Setelah peserta mengikuti kegiatan ini diharapkan memiliki kompetensi yang lebih untuk menyiapkan mahasiswanya mengikuti Ujian Bahasa Jerman tingkat B1. Ujian bahasa Jerman tingkat B1 ini merupakan tindaklanjut dari perjanjian antara beberapa prodi bahasa Jerman di Indonesia dengan Goethe-Institute Indonesia. Tujuan dari kerjasama ini untuk meningkatkan level kemahiran para mahasiswa bahasa Jerman di Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikian sertifikat kebahasaan tingkat B1. Ujian Bahasa Jerman tingkat B1 diselenggarakan setahun sekali dan diadakan oleh beberapa utusan lembaga kursus bahasa Jerman perwilayah, seperti Goethe-Institute Jakarta, Goethe-Institute Bandung, dan Wisma Jerman di Surabaya.