Kabar baik datang dari salah satu alumnus prodi pendidikan bahasa Jerman UNJ, Boy Tri Rizky, S.Pd yang sebelumnya telah diwisuda pada akhir tahun 2020, kini berhasil menjadi Duta Bahasa Negara. Pria yang akrab disapa Boy ini menjadai Duta Bahasa Negara setelah melaui beberapa seleksi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Duta Bahasa Negara merupakan program dari kemendikbud yang bertujuan selain menajdi diplomat bahasa Indonesia di luar negeri tetapi juga untuk mengenalkan bahasa dan budaya Indonesia ke mancanegara. Duta Bahasa Negara akan ditempatkan di luar negeri dan bekerja di negara tersebut untuk mempopulerkan bahasa Indonesia.  Alumnus yang pernah menjadi peserta favorit pada ajang mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas Bahasa dan Seni di tahun 2019 ini berkeinginan dapat  ditempatkan di negara-negara yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resminya, “Saya ingin sekali ditempatkan di negara Jerman, Austria ataupun Swiss karena latar belakang saya yang sudah mempelajari bahasa dan budaya Jerman ketika kuliah dulu sehingga menjadi bekal untuk bisa bekerja disana”.

Untuk menyiapkan dan memantapkan kompetensi sebagai Duta Bahasa Negara, Boy telah melakukan pembekalan yang diadakan oleh kemendikbud  sebelum berangkat ke negara tujuan. Pembekalan ini telah dilakukan selama 2 minggu secara virtual maupun offline. Boy merasa bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membimbing dan mendidiknya terutama para dosen prodi pendidikan bahasa Jerman UNJ, “Semoga ini salah satu jalan dari perjuangan saya untuk mengenalkan bahasa Indonesia ke mancanegara”.