[easingslider id=”685″]

Astri Wulandari meraih juara 3 pada kompetisi “Vortrag halten” atau kompetisi pidato bahasa Jerman tingkat nasional yang diadakan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Jerman Universitas Negeri Surabaya. Kompetisi ini diadakan secara virtual melalui media Zoom pada tanggal 25 November 2020 dan diikuti oleh beberapa mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Jerman se-Indonesia.

Pada kompetisi ini, Astri menyampaikan isi pidatonya tentang Umweltauswirkungen der Covid-19-Pandemie (Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Lingkungan). Dalam pidatonya tersebut, Astri menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak positif dan negatif bagi lingkungan. Di satu sisi, masalah lingkungan yang cukup kompleks dapat terpecahkan seketika saat pandemi karena aktivitas manusia yang dibatasi. Ajakan pemerintah di seluruh dunia agar masyarakat tetap tinggal di rumah saja mengakibatkan jumlah kendaraan bermotor, penerbangan, dan produksi industri yang selama ini banyak menyumbangkan emisi CO2 berkurang. Hasilnya, pencemaran lingkungan menurun drastis. kualitas udara membaik dan polusi udara dan suara pun berkurang. Namun di sisi lain, pandemi ini memunculkan masalah lingkungan yang baru, yaitu meningkatnya limbah medis yang dapat mencemari lingkungan, seperti sampah masker dan sarung tangan sekali pakai, serta botol-botol disinfektan. Dengan ide tersebut Astri berhasil menyisihkan peserta lainnya .

Astri mengatakan bahwa mengikuti kompetisi adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan diri sebagai mahasiswa. Semoga kita semua tetap semangat untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri, “saya senang sekali dapat meraih juara ke-3 pada lomba „Vortrag halten“ tingkat nasional ini. Terlepas dari kemenangan saya, saya mendapatkan banyak manfaat dari perlombaan ini, seperti menambah pengetahuan, meningkatkan kemampuan bahasa Jerman, dan memperluas relasi pertemanan dengan mahasiswa bahasa Jerman dari universitas-universitas lain di Indonesia”, ujarnya.

Pada kesempatan lain, Ibu Koorprodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ menyampaikan rasa bangganya, “Selamat untuk Astri Wulandari yang telah meraih juara 3 pada kompetisi ini. Semoga dengan adanya hasil baik ini menjadi motivasi untuk Astri dan mahasiswa lainnya agar terus mengembangkan potensi menjadi mahasiswa berprestasi.”, ungkapnya.

Dengan meraih posisi ke-3 pada kompetisi ini, mahasiswi semester akhir ini berhak mendapatkan uang sebesar Rp500.000,- dan sertifikat elektronik.