[easingslider id=”680″]

Sabtu, 26 September 2020, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ (PSPBJ) menyelenggarakan Kuliah Umum yang bertajuk Peran Kekuatan Karakter dalam Pencapaian Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa PSPBJ, terutama mahasiswa baru angkatan 2020 agar menjadi mahasiswa berprestasi baik akademik maupun akademik

Dalam krisisnya, Koorprodi PSPBJ, Ibu Dr. Ellychristina, D. Hutubessy, M.Pd menyatakan bahwa menjadi mahasiswa berarti harus siap untuk berkarya dan berprestasi, “pendidikan di perguruan tingi tidak hanya memberikan akses kepada mahasiswa untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan saja, bagaimana kita bisa mencetak menciptakan yang berakarakter unggul. Dan itu akan memenuhi syarat kesungguhan dari semua pihak, termasuk dosen dan mahasiswa. ”   

Hadir sebagai narasumber yaitu Psikolog, Ibu Fanny Lesilolo M., S.Psi., Psi. Pada kesempatan ini juga hadir Dina Chaerani, S.Pd. yang merupakan alumni Prodi pendidikan bahasa Jerman UNJ. Alumni yang pernah meraih sebagai mahasiswa yang pernah meraih terbaik kelima mahasiswa yang berprestasi Nasional di tahun 2016 ini memberikan pengalaman dan motivasinya kepada mahasiswa PSPBJ, “untuk menggapai apa yang kita inginkan seperti menjadi mahasiswa yang berprestasi, maka ada 5 tahapan yang harus dilaksanakan, yaitu niat, buat rencana tahunan, mimpi mungkin dan Action. Apabila kelima hal tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka apa yang kita cita-citakan bisa dicapai ”, ujarnya.

Pemaparan selanjutnya oleh Ibu Fanny Lesilolo M., S.Psi., Psi. Narasumber kedua ini menyampaikan konsep “AKU” yang sebelumnya sudah dikenalkan oleh DR. R. Matindas dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, “Konsep AKU terdiri dari Ambisi, Kenyataan, dan Usaha. Konsep ini bermula dari kerangka berpikir untuk menjelaskan keunikan pribadi seseorang. Konsep ini diilhami oleh kesadaran bahwa hampir seluruh tingkah laku manusia pada kartun adalah didasari oleh niat dan usaha. Oleh karena itu untuk mewujudkan apa yang kita inginkan harus bermula dari niat kemudian dengan komitmen yang kuat bisa mengaktualisasikan niat tersebut dengan baik dan benar. ” 

                Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa PSPBJ dapat termotivasi untuk melakukan prestasi yang dapat dilakukan.