[easingslider id=”650″]

Melalui surat pengumuman nomor 2087/E2/BP/2020 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tangal 31 Agustus 2020, Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ (PSPBJ) berhak mendapatkan bantuan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka – Kampus Merdeka (MBKM).  

Berkaitan dengan Kurikulum MBKM  mahasiswa baru angkatan 2020 ini ditawarkan 3 Model kurikulum. Pertama, Kurikulum KKNI yaitu kurikulum yang saat ini sedang berjalan di Prodi. Kedua, kurikulum kerjasama dengan Prodi lain di dalam Universitas Negeri Jakarta atau  kerjasama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Jerman di Universitas lain. Sedangkan model kurikulum ketiga adalah Program Double Degree dengan Universitas HTWG Konstanz, Jerman.

Sesuai dengan namanya Kampus Merdeka, maka mahasiswa diberikan hak sesuai minat dan kemempuannya untuk mentukan salah satu dari ketiga jenis kurikulum yang terdapat pada MBKM di Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ. Ketua Prodi PSPBJ UNJ Ibu Dr. Ellychristina D., Hutubessy, M.Pd menyampaikan bahwa tujuan dari kebijakan menerapkan MBKM ini adalah memberikan pilihan ruang belajar yang lebih luas kepada mahasiswa agar dapat memperoleh pengalaman belajar, serta dapat mengembangkan, mengasah, memperluas, dan memperdalam kompetensi di luar Prodi dan di luar kampus sendiri.

Dengan adanya dana bantuan tersebut akan menjadi motivasi bagi Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UNJ untuk menerapkan MBKM yang berlaku pada mahasiswa baru angkatan 2020.