[easingslider id=”550″]

Rabu, 8 Januari 2020 bertempat di Ruang 305 Gedung Dewi Sartika UNJ telah diselenggarakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta dengan Goethe Institute. Acara dihadiri oleh Wakil Rektor 4 UNJ, Bapak Dr. Totok Bintoro, M.Pd. dan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd yang didampingi oleh Wakil Dekan 3 FBS, Bapak Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. Turut hadir juga pimpinan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ, Ibu Dr. Ellychristiani D. H, M.Pd dan Ibu Drs. Erna Triswantini, M.Pd., beserta perwakilan dari Goethe Institute, Sonia Stoll (Kepala Bagian Bahasa untuk Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru) dan Dr. Raimond Selke (Bagian Kerja sama Pendidikan dan Konsultan Ahli Bidang Pengajaran Bahasa Jerman).

Berikut susunan acara yang dilaksanakan pada penandatanganan MoA antara Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta dengan Goethe Institute.

  1. Sambutan dari Wakil Rektor 4 UNJ, Dr. Totok Bintoro, M.Pd .
  2. Sambutan dari  Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd 
  3. Sambutan dari Pihak Goethe Institute, Sonia Stoll.
  4. Penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd  dengan pihak Goethe Institute, Sonia Stoll.
  5. Penyerahan cinderamata dari Fakultas Bahasa dan Seni UNJ.
  6.  Penutup dan foto bersama.

MoA ini merupakan sebuah bentuk perjanjian kerjasama yang akan dijalin antara Fakultas Bahasa dan Seni UNJ dengan Goethe Institute. Dalam sambutannya, Wakil Rektor 4 UNJ, Bapak Dr. Totok Bintoro, M.Pd menyampaikan bahwa kerja sama yang baik ini tidak hanya terbatas dalam ruang lingkup bahasa saja, melainkan juga bisa diperluas seperti dalam ilmu teknologi dan penelitian. Sementara itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., menyampaikan terima kasih kepada pihak Goethe Institute Indonesia yang bersedia menjalin kerja sama dengan FBS UNJ. “Terima kasih kepada pihak Goethe Institute yang menjalin kerja sama dengan FBS UNJ. Semoga dengan adanya kerja sama ini dapat memotivasi para mahasiswa PSPBJ UNJ untuk dapat melanjutkan studi ke Jerman,” lanjutnya.

Kerja sama yang dilakukan ini yaitu diselenggarakannya ujian bahasa Jerman tingkat B1 Goethe Institute untuk mahasiswa PSPBJ UNJ. Goethe Institute memberikan subsidi biaya kepada mahasiswa PSPBJ UNJ yang mengikuti ujian tersebut. Ujian ini pertama kali diselenggarakan pada bulan Juli 2019 dengan hasil yang sangat membanggakan. Peserta dari mahasiswa PSPBJ UNJ sebanyak 92% dinyatakan lulus  ujian bahasa Jerman B1. Bahkan salah satu peserta dari PSPBJ UNJ mendapatkan nilai ujian tertinggi se-Indonesia. Dalam sambutannya, Sonia Stoll mengungkapkan kekaguman kepada para dosen bahasa Jerman UNJ yang telah mendidik dan mengajarkan bahasa Jerman dengan baik kepada para mahasiswa sehingga mendapatkan nilai ujian yang sangat membanggakan.  

Acara ini dilanjutkan dengan Penandatangan kerja sama MoA oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd dengan pihak Goethe Institute, Sonia Stoll. Kemudian diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari pihak FBS dan UNJ kepada Goethe Institute.