[easingslider id=”437″]

Pada 19 Juli 2019, sebanyak 33 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (PSPBJ) FBS UNJ mengikuti pembekalan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di Ruang 108, Gedung DE FBS UNJ. Kegiatan pembekalan ini merupakan bagian yang sangat penting dan harus diikuti oleh seluruh mahasiswa yang akan mengikuti PKM. Kegiatan pembakalan dibuka langsung oleh Koorprodi PSPBJ, Dra. Kurniasih Ratri Handayani, M.A. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pesan untuk para mahasiswa yang akan mengikuti PKM agar senantiasa menjaga nama baik PSPBJ. “Selain tugas mengajar dalam hal menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kebahasaan Jerman, saya berharap para mahasiswa juga bisa menjaga nama baik Institusi. Ini berarti segala hal, mulai dari berpakaian, tingkah laku, dan juga perkataan harus mencerminkan sesuatu yang baik,” kata beliau.

Pembekalan yang berlangsung dari pukul 14.00 – 17.00 WIB ini diadakan untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa terkait pelaksanaan PKM yang akan dilakukan di beberapa mitra sekolah PSPBJ di DKI Jakarta. Pada tahun ini, terdapat 9 mitra sekolah yang menjadi tempat para mahasiswa PSPBJ melaksanakan kegiatan. Terdapat 3 sampai 4 mahasiswa yang melaksanakan praktik dan masing-masing sekolah dan dibimbing langsung oleh satu dosen PSPBJ dan seorang guru bahasa Jerman.

Para mahasiswa yang hadir sangat antusias mengikuti pembakalan ini. Mahasiswa yang akan mengikuti PKM ini minimal sedang duduk di semester 7 dan salah satunya sudah menyelesaikan mata kuliah Microteaching. Koordinator PKM, Dra. Santiah, M.Pd menyatakan bahwa segala ilmu yang didapatkan selama perkuliahan harus bisa diaplikasikan dengan baik kepada para siswa di sekolah. “Ilmu bahasa Jerman yang sudah kalian dapatkan dari pertama masuk sampai pada detik ini dapat dikuasai dengan baik dan juga diharapkan dapat disampaikan dengan baik saat pembelajaran bahasa Jerman di Sekolah. Tidak hanya itu saja, sebagai pendidik harus bisa menjadi contoh yang baik dalam hal sikap maupun perkataan dan juga senantiasa memberikan motivasi yang tinggi kepada siswa di sekolah agar terus bersemangat mempelajari bahasa Jerman,” pesannya.

FA