P2M : Kelompok Konservasi Sastra Anak Melalui Pelatihan Pembuatan Memoar Masa Kecil di Panti Asuhan Wilayah Binaan Malaka Sari Jakarta Timur

Kegiatan P2M yang diketuai oleh Dr. Poppy Rahayu, M.Pd. ini mengusung tema “Pelatihan Pembuatan Memoar Masa Kecil” di panti asuhan dalam wilayah binaan Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelatihan penulisan sastra anak sebagai bentuk konservasi tradisi lisan dipanti asuhan Wilayah Binaan Malaka Sari, Jakarta Timur. Pelatihan ini dirancang khusus untuk mengembangkan kemampuan pelatihan penulisan cerita memoar masa kecil di panti asuhan kecamatan Duren Sawit dan Jatinegara dalam rangka pemahaman model penulisan memoar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode pemodelan dengan etnografi. Data diperoleh dengan teknik pemodelan dan wawancara.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 7 Agustus 2022 di dua panti asuhan sasaran yaitu Panti Asuhan Yatim Indonesia dan Panti Asuhan Nurul Jannah. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 20 anak untuk keseluruhan kedua panti tersebut.

Kegiatan diawali dengan pembimbingan kepada anak-anak panti oleh mentor-mentor untuk penulisan memoar. Topik dari penulisan memoar tersebut adalah bagaimana kehidupan mereka di panti asuhan, kesan selama tinggal di sana, dan impian maupun cita-cita yang dimiliki oleh mereka. Kegiatan pembimbingan tersebut berjalan dengan lancar karena setiap anak mampu menuliskan apa yang diminta di secarik kertas maupun menceritakannya secara langsung oleh mentor dan direkam untuk kemudian nantinya dituliskan oleh para mentor. Selanjutnya para mentor melakukan penyuntingan terhadap tulisan anak agar lebih berkembang dan mudah dibaca, tanpa menghilangkan tulisan asli anak-anak dan tanpa menambahkan hal-hal yang tidak diperlukan. Kumpulan tulisan ini selanjutnya akan dijadikan buku untuk diterbitkan. (FP)