P2M : WORKSHOP KREASI SENI MELIPAT KERTAS ALA JEPANG DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN MALAKA SARI

Pada hari Minggu, 7 Agustus 2022 telah diselenggarakan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) yang  bertemakan “Kreasi Seni Melipat Kertas” sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan P2M Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta di wilayah binaan Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kegiatan P2M ini diadakan secara luring di kantor RW02, Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur dengan dihadiri oleh 15 orang peserta. Setelah melaksanakan registrasi peserta, acara dibuka oleh Master of Ceremony (MC) yaitu Reno Farhan Gati. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan oleh ketua pelaksana Ibu Dr. Frida Philiyanti, S.S., M.Pd, dan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Bapak Masykur selaku Ketua RW02 memberikan sambutan dan membuka kegiatan P2M. Namun, sebelum membuka kegiatan, ada pembacaan doa terlebih dahulu yang dipimpin oleh Dayhan Alitiawan.

Kegiatan yang dilakukan adalah simulasi pembuatan washiningyou yang dipimpin oleh Instruktur Siti Nurma Guvita Sari Sri Purnami Wulan, S.Pd. Beliau menjelaskan cara pembuatan washiningyou dengan seksama dan dibantu oleh instruktur pendamping Puri Setyami, S.Pd. Setelah para peserta menyelesaikan pembuatan washiningyou, dipilih peserta terrapi dan terfavorit sebagai bentuk apresiasi kepada peserta. Ibu Revita Deviastri kami nobatkan sebagai peserta terrapi, sedangkan Ibu Dini Fitriyani kami nobatkan sebagai peserta terfavorit pilihan panitia.

Kegiatan selanjutnya yaitu pengisian Angket dan Evaluasi oleh seluruh peserta. Kemudian para peserta dan panitia melakukan dokumentasi kegiatan. Acara pun terbilang sukses karena berjalan dengan lancar dan yang terpenting adalah para peserta berhasil membuat beragam washiningyou yang unik dan cantik-cantik, semoga kegiatan ini memberikan dampak sesuai harapan. (FP)