DISKUSI LINTAS BUDAYA ANTARA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNJ DENGAN SISWA SMA KOOYOO DARI JEPANG

Pada hari Rabu, 29 Juni 2022 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang (PBJpg), FBS UNJ diwakili oleh Ibu Tia Ristiawati, M.Hum. berkoordinasi dengan SMA Kooyoo dari Nagano, Jepang yang diwakili oleh Suzuki Nishiki Sensei, mengadakan kegiatan diskusi lintas budaya. Mahasiswa PBJpg dengan Siswa SMA Kooyoo melakukan diskusi ringan dalam Bahasa Jepang mengusung tema budaya Indonesia dan Jepang. Kegiatan ini diikuti 16 orang mahasiswa PBJpg dan 20 orang siswa SMA Kooyoo (向陽高校).

Kegiatan yang berlangsung selama 40 menit sejak jam 09.10 – 09.50 WIB melalui Zoom ini terselenggara dengan baik dan kondusif. Kedua belah pihak sangat antusias melaksanakan kegiatan ini, baik pada saat persiapan, pelaksanaan dan juga pasca kegiatan. Siswa SMA Kooyoo dan mahasiswa UNJ ditugaskan untuk membuat draft pertanyaan seputar budaya mitra, kemudian mereka juga mempersiapkan jawaban atas draft pertanyaan dari mitra. Persiapan jawaban juga ditambahkan dengan persiapan gambar yang berkaitan dengan diskusi.

Sebagai tugas akhir mereka diwajibkan membuat catatan atas jawaban mitra, membuat kesan atas kegiatan serta mengisi angket evaluasi kegiatan. Semua tugas dibuat dalam bahasa Jepang. Dengan demikian banyak hal positif yang diperoleh dari kegiatan yang menarik minat mahasiswa PBJpg ini.

Kesan dari mahasiswa PBJpg tentang kegiatan ini secara umum menyatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan ingin lebih panjang lagi durasinya agar dapat menggali lebih dalam budaya Jepang. Adapun kesan dari siswa SMA Kooyoo secara umum menyatakan keterkejutannya atas kemampuan Bahasa Jepang yang dimiliki mahasiswa PBJpg serta pengetahuan mahasiswa PBJpg terkait pengetahuannya tentang Jepang.

Kegiatan diskusi lintas budaya seperti ini merupakan pengalaman pertama bagi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Dengan project pilot ini diharapkan  serupa akan terus diselenggarakan secara berkala. (TR)