“MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBUATAN BUSINESS PLAN” SESI 2

Rabu, 5 Agustus 2020. Prodi Pendidikan Bahasa Jepang kembali mengadakan webinar sesi kedua dengan tema yang sama dengan sesi terdahulu yaitu Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan melalui Pembuatan Business Plan. Bedanya, sesi pertama berbentuk seminar dimana narasumber memberikan pemaparan materi dan ditutup dengan sesi tanya jawab. Sedangkan pada sesi kedua ini berbentuk workshop. Peserta yang telah lolos seleksi dewan juri harus mempresentasikan proposal bisnis yang telah dirancangnya.

Adapun kategori business plan yang dipresentasikan yaitu bidang Pendidikan Bahasa Jepang dan kuliner Bahasa Jepang. Setelah dipresentasikan dalam kurun waktu tujuh menit, setiap peserta menjalani sesi tanya jawab dengan dewan juri. Anggota dewan juri yang dimaksud yaitu dengan Nina Ernawaty, S.Pd., M.Pd., selaku narasumber acara sekaligus entrepreneur berpengalaman, Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed., selaku Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan Eky Kusuma Hapsari, M.Hum., selaku dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.

Berikut merupakan data peserta yang telah lolos penjurian tahap 1.

No.

Nama Peserta

Kategori dan Judul Business Plan

1.

Kadek Dian Candra Dewi

Kuliner Jepang: Ai Oyakodon

2.

Vaniya Safitri Irawan

Kuliner Jepang: Jiboki-Kafe Okonomiyaki

3.

Fitri Fauziyyah

Pendidikan Bahasa Jepang: Sakura Day Care

4.

Endah Wijayanti

Kuliner Jepang: Healthy Tempura

5.

Balqis Syaifia

Kuliner Jepang: Cha-clopedia

6.

Siti Febrianti Sundawi

Pendidikan Bahasa Jepang: Mango Website

7.

Santha Natalia

Pendidikan Bahasa Jepang: One Stop Japanese Learning Place

Kuliner Jepang: Japanese Snacks Stall

 

Setelah mengkaji dan mempertimbangkannya dengan matang, dewan juri memutuskan satu orang pemenang untuk masing-masing kategori. Pemenang untuk kategori kuliner Jepang jatuh kepada peserta atas nama Endah Wijayanti dengan judul proposal ‘Healthy Tempura’. Sedangkan untuk kategori Pendidikan Bahasa Jepang dimenangkan oleh peserta atas nama Santha Natalia dari Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin dengan judul proposal ‘One Stop Japanese Learning Place’. Kedua pemenang berhak atas sejumlah uang tunai dan kesempatan menjadi mitra usaha dari Nina Ernawati, S.Pd., M.Pd.