KULIAH KERJA LAPANGAN 2019

Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun 2019 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNJ telah selesai dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan pada  9 – 15 April 2019 bertempat di Bali dan Malang. Kegiatan yang bertemakan “Design Your Future Career” ini diikuti oleh 52 mahasiswa angkatan 2016 serta didampingi oleh perwakilan dosen, yaitu Ibu Tia Ristiawati, M.Hum. dan Ibu Desy Aryani, M.Pd. Kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang ini bertujuan untuk memperkaya wawasan kebahasaan. Selain itu, mahasiswa juga dapat saling berbagi informasi mengenai kegiatan akademik, kemahasiswaan, serta fasilitas kampus yang dikunjungi.

Mahasiswa dan dosen berangkat pada Selasa, 9 April 2019, dari Stasiun Senen pukul 13.00 dan tiba di Hotel Nirmala Bali pada Rabu, 10 April 2019, pukul 22.00. Keesokan harinya, Kamis, 11 April, kegiatan KKL diawali dengan kunjungan ke Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA). Rombongan KKL disambut baik oleh pihak UNDIKSHA. Acara dibuka dengan sambutan dari ketua Jurusan Bahasa Jepang UNDIKSHA, dan dari perwakilan dosen Bahasa Jepang UNJ, yang diwakilkan oleh Ibu Tia Ristiawati, M.Hum. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penampilan tarian dari mahasiswa UNDIKSHA dan nyanyian dari mahasiswa UNJ. Setelah itu, dilaksanakan diskusi antara mahasiswa UNDIKSHA dan UNJ, serta dosen UNDIKSHA dan UNJ. Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cendera mata dan foto bersama. Perjalanan dilanjutkan menuju tempat wisata Bedugul dan pusat oleh-oleh Cening Bagus.

Pada hari kedua, 12 April 2019 di Bali, rombongan KKL melaksanakan kunjungan ke Museum Brajasandi dan pusat oleh-oleh Cening Ayu. Lalu, rombongan melakukan kunjungan ke Api Magazine yang merupakan perusahaan surat kabar Jepang.  Pada malam hari, mahasiswa makan bersama dan menyelenggaran malam keakraban (makrab).

Hari ketiga, 13 April 2019 di Bali, setelah checkout hotel, rombongan KKL berkesempatan mengunjungi Waterblow, Nusa Dua. Lalu, rombongan mengunjungi Pantai Pandawa, serta menonton pertunjukan Tari Kecak di Pantai Uluwatu. Rombongan KKL bersiap menuju Pelabuhan Gilimanuk pada pukul 21.00 untuk menyebrang ke Pelabuhan Ketapang.

Minggu, 14 April pukul 11.00 rombongan KKL tiba di Malang dan bersiap mengunjungi kebun petik apel. Setelah itu, rombongan meninggalkan Kota Malang pada pukul 18.30 dan tiba di Stasiun Senen Jakarta pada Senin, 15 April 2019. Dengan demikian berakhir kegiatan KKL Prodi Bahasa Jepang FBS UNJ tahun 2019. (DA)