Family Gathering 2018

Pada tanggal 17-18 Maret 2018 di villa Madina Tajur Halang Bogor diadakan Family Gathering Yang merupakan program kerja dari Divisi Kaderisasi HIMA Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Acara tersebut dilaksanakan satu kali diawal kepengurusan dan merupakan langkah awal untuk menyatukan suhu antara pengurus – pengurus HIMA Prodi Pendidikan Bahasa Jepang tahun 2018 – 2019 dan juga sebagai pembekalan awal bagi para pengurus baru. Family Gathering Ini bertemakan “Our Time Our Moment” yang bertujuan agar segala hal yang telah dilalui bersama akan menjadi sebuah kenangan berharga bagi setiap orang.

Acara dimulai dengan berkumpulnya peserta dan panitia di terbuk UNJ untuk nengumpulkan barang bawaan dan briefing keberangkatan lalu peserta berangkat bersama teman-teman sekelompoknya menggunakan kendaraan umum. Sesampainya disana ada sejarah HIMA yang dibawakan oleh Balqis Syaifia, lalu dilanjutkan materi yang berjudul “Meningkatkan Komunikasi Untuk Membangun Sinergi Dalam Berorganisasi” yang dibawakan oleh kesta senpai dari angkatan 2012 setelah materi ini selesai peserta diarahkan ke pos pos yang telah disediakan disetiap pos ada materi Event Organizer yang disampaikan oleh mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Setelah materi selesai peserta dipersilakan untuk sholat dan mandi lalu dilanjutkan dengan kegiatan masak perkelompok. Peserta memasak masakan yang telah disiapkan dari rumah sebelumnya. Selesai masak peserta dan panitia sholat maghrib di mushola yang telah disediakan. Lalu dilanjutkan makan bersama – sama. Semua masakan yang telah dibuat oleh panitia dan peserta dijejerkan ditengah lalu semuanya dapat mengambil makanan yang ada. Setelah makan dan mencuci piring masing – masing peserta dan panitia langsung ke mushola untuk melaksanakan sholat isya berjamaah. Sehabis sholat semuanya berkumpul kembali di aula untuk melaksanakan simulasi dari materi EO yang telah didapatkan sebelumnya. Peserta disuruh membuat acara pencarian bakat dan mereka yang menjadi panitianya dengan juri, mc dan peserta selayaknya ajang pencarian bakat yang sesungguhnya. Acara selanjutnya adalah penampilan pensi dari setiap kelompok jadi sebelum berangkat ke villa mereka telah diberikan kertas undian yang isinya lagu yang harus mereka bawakan pada saat pensi. Setelah pensi selesai peserta dipersilakan untuk tidur di kamar masing-masing.

Di hari kedua peserta dibangunkan jam 4 pagi untuk melaksanakan sholat tahajud di mushola selagi menunggu waktu sholat subuh diadakan mentoring keagamaan. Setelah selesai sholat subuh ada kumpul perdivisi dan biro peserta yang tidak menjadi pengurus HIMA kumpul bersama Ketua Sekertaris dan Bendahara. Setelah itu ada senam pinguin yang dibawakan oleh mc. Setelah badan menjadi hangat peserta dipersilakan untuk sarapan. Setelah sarapan peserta dan panitia dibagi menjadi kelompok – kelompok kecil untuk bermain game Outbond dalam 1 kelompok terdiri dari 5 orang yang didalamnya ada peserta dan panitia. Ada 4 game yang harus dilalui game pertama adalah game bom waktu, game kedua adalah game tebak nama, game ketiga adalah game seputar HIMA dan yang terakhir adalah game Volley sarung.Setelah selesai melalui ke 4 game,  pesarta diberikan waktu bebas untuk bermain di kolam renang mandi dan masak. Setelah masakan selesai semua dirusuh untuk persiapan pulang ke UNJ dan melaksanakan sholatdzuhur berjamaah. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan makanan bersama seperti kemarin semua masakkan dari peserta dan panitia diletakkan ditengah lingkaran dan semuanya bebas mengambil makanan yang ada. Setelah makan selesai dan mencuci piring peserta kembali membuat lingkaran di aula untuk sharing dan tukar kado. Lalu ada pengisian angket BPM penutupan acara dan foto bersama. Peserta pulang ke jakarta menggunakan tronton yang telah disiapkan.