Jiyuu Matsuri 2017

Jiyuu Matsuri adalah Festival Jepang-Indonesia yang diadakan setiap tahun oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.

Tahun lalu, Jiyuu Matsuri yang bertemakan “Harmony in Diversity” sukses dihadiri sekitar 15.000 orang. Tahun ini, Jiyuu Matsuri akan diselenggarakan pada tanggal 11-12 Nopember 2017 di Kampus A, Universitas Negeri Jakarta, bertemakan “Digitized World” yang berarti Dunia Digital.

Di Jiyuu Matsuri terdapat banyak sekali hiburan, seperti perlombaan dan stage performances. Untuk tahun ini, Jiyuu Matsuri mengundang Shojo Complex, RedShift, Hydra, Tokyo Lite, dll.

Bukan hanya itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mencoba yukata, tanzaku, games, Obake Yashiki (Rumah Hantu), dan tentunya dengan banyaknya stand pengunjung dapat dimanjakan dengan berbagai macam  kuliner khas Indonesia dan Jepang, serta berbagai merchandise khas Jepang yang unik dan menarik yang sudah barang tentu diminati para pengunjung.

Selain hiburan, pengunjung pun bisa mendapatkan ilmu dari Jiyuu Matsuri. Seperti mengikuti Seminar yang berjudul “Hidup bersama Robot” oleh CEO PT. Sari Teknologi, Kak Yohanes Kurnia, Workshop Hokkaido Chesecake, dan Workshop cara membuat komik bersama Sweta Kartika. Selain itu, ada juga Lomba akademik yang diperuntukan untuk siswa tingkat SMA sederajat.

Dan diakhir acara, akan ditandai dengan pesta hanabi (kembang api) yang merupakan ciri khas Jiyuu Matsuri dari tahun ke tahun.

Yuk, datang ke Jiyuu Matsuri dan ajak teman-temanmu! Tidak perlu khawatir, karena untuk masuk ke Festival ini tidak dipungut biaya masuk alias GRATIS!

Workshop “Membuat Komik, Bersama Kak Sweta Kartika”

Jiyuu Matsuri setiap tahunnya selalu mengadakan workshop yang bervariasi, salah satunya workshop mochi yang diadakan saat Jiyuu Matsuri tahun lalu. Tahun ini, Jiyuu Matsuri juga mengadakan workshop, yaitu workshop “Membuat Komik, Bersama Kak Sweta Kartika”. Sweta Kartika adalah seorang komikus Indonesia dengan karya-karyanya yang terkenal, salah satunya Grey & Jingga. Tak hanya mendapatkan ilmu membuat komik, peserta juga akan mendapatkan sertifikat, snack, dan komik dari Kak Sweta Kartika! Workshop “Membuat Komik, Bersama Kak Sweta Kartika” akan dilaksanakan pada Minggu, 12 November 2017, pukul 13:00 – 16:00 WIB, ruang Q.105, kampus A Universitas Negeri Jakarta. Yuk, ikut workshop “Membuat Komik, Bersama Kak Sweta Kartika”!

Workshop Hokkaido Cheese Tart

Tahun ini, Jiyuu Matsuri mengadakan dua workshop, lho! Salah satunya, Workshop Hokkaido Cheese Tart. Daripada beli terus, yuk, kita belajar, bagaimana, sih, cara membuat hokkaido cheese tart? Dalam workshop ini, peserta akan dipandu oleh Kak Noverina Rahma untuk membuat hokkaido cheese tart. Tak perlu khawatir, hanya dengan HTM Rp. 35.000*, kamu bisa mendapatkan ilmu membuat Hokkaido cheese tart dan tentu saja mendapatkan Hokkaido cheese tart yang akan kamu buat! Workshop Hokkaido Cheese Tart akan dilaksanakan Minggu, 12 Nopember 2017, gedung Q.106, Kampus A Universitas Negeri Jakarta.  Yuk, jangan sampai kelewatan untuk daftar Workshop Hokkaido Cheese Tart ini!

*on the spot: Rp. 45.000

Seminar “Mudahnya Hidup Bersama Robot”

Bertemakan “Digitized World“, Jiyuu Matsuri mengajak kalian untuk mengetahui lebih dalam mengenai robot! Sesuai dengan tema, tahun ini, Jiyuu Matsuri mengadakan seminar “Mudahnya Hidup Bersama Robot” yang akan dibawakan oleh Kak Yohanes Kurnia, CEO PT. Sari Teknologi. Apa benar hidup bersama robot itu mudah? Yuk, cari tahu jawabannya dengan mengikuti seminar ini bersama kak Yohanes Kurnia! Kalian juga akan mendapatkan seminar kit dan snacks!*

Seminar “Mudahnya Hidup Bersama Robot” akan diadakan pada hari Sabtu, 11 November 2017, pukul 08:00 WIB, di Aula Maftuchah, gedung Dewi Sartika  Lt.2, Kampus A Universitas Negeri Jakarta.

*untuk 50 pendaftar pertama

Lomba Makan

Seperti Jiyuu Matsuri tahun lalu, lomba makan diadakan lagi untuk kalian para penantang yang siap melahap makanan dalam sekejap! Terdapat 5 macam makanan yang dapat kalian pilih pada lomba makan di Jiyuu Matsuri, yaitu ramen, sushi, okonomiyaki, takoyaki, dan kakigori. Lomba makan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017, di Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Kapan lagi kamu bisa mendapatkan hadiah hanya dengan makan? Yuk, tunjukkan kemampuanmu melahap makanan dalam sekejap!

Lomba Cosplay Umum

Festival Indonesia – Jepang selalu identik dengan para cosplayer, pun Jiyuu Matsuri dari tahun ke tahun selalu mengadakan lomba bagi para cosplayer. Cosplayer adalah orang yang memakai pakaian/kostum layaknya karakter pada game, anime, dsb. Lomba cosplay umum ini akan diadakan lagi oleh Jiyuu Matsuri. Apa aja, sih, ketentuan untuk mengikuti lomba cosplay umum di Jiyuu Matsuri “Digitized World”?

Yuk, cek posternya!

Untuk pendaftaran, silahkan klik http://bit.ly/CosplayJimat2017

Lomba Umum

Tak hanya merasakan keriuhan acara pada Jiyuu Matsuri, bagi kalian yang suka menggambar, mengarang, dan bergaya layaknya karakter kesukaan, Jiyuu Matsuri memberikan kalian kesempatan untuk memenangkan lomba doujinshi, costreet, dan desain karakter. Jangan hanya pendam bakatmu, tunjukkan keahlianmu dan menangkan perlombaan ini! Pendaftaran dapat dilakukan dengan klik link berikut:

Cosplay Street http://bit.ly/CostreetJimat2017

Doujinshi http://bit.ly/DoujinshiJimat2017

Desain Karakter http://bit.ly/DeKaraJimat2017

Tunjukkan bakatmu di Jiyuu Matsuri 2017!

Lomba Akademik

Jiyuu Matsuri bukan hanya festival semata untuk berjalan-jalan atau menikmati festival ala Jepang.

Jiyuu Matsuri pun mengadakan lomba akademik bagi para siswa/i SMA sederajat untuk mengadu kepintaran juga kekreatifan mereka. Terdapat 6 lomba akademik yang akan diadakan Jiyuu Matsuri 2017, diantaranya kana-kanji, mading, pidato, rodoku, shiritori, dan cerdas cermat. Bagi kalian, para siswa/i SMA sederajat, yang tertantang mengikuti lomba ini, silahkan daftarkan diri melalui link berikut:

Kana-Kanji http://bit.ly/KanaKanjiJimat2017

Mading http://bit.ly/MadingJimat2017

Pidato http://bit.ly/PidatoJimat2017

Rodoku http://bit.ly/RodokuJimat2017

Shititori http://bit.ly/ShiritoriJimat2017

Cerdas Cermat http://bit.ly/CerdasCermatJimat2017

Jadilah pemenang di Jiyuu Matsuri 2017

Obake

Di tengah malam saat semua orang terlelap dalam tidurnya, kamu dan temanmu terjaga bersama komputermu yang online. Dalam keadaan online, tanpa sepengetahuan kalian, muncul iklan mengenai sebuah website dengan latar gelap yang bertuliskan deepweb.com pada bagian tengahnya. Dengan membuka website itu, kesalahan fatallah yang akan mengganggu seluruh kehidupanmu.

Telepon dari orang asing yang selalu berdering, orang aneh dekat rumahmu menyapa nama akun online-mu dengan pisau ditangannya, hingga e-mail berisikan foto dirimu terbaring di tengah hutan waktu kamu berkemah bersama teman-temanmu saat hanya kamu dan temanmu yang mengetahui di mana hutan itu berada.