PROFIL LULUSAN
Profil LulusanDeskripsi
Guru MudaPendidik pemula (guru muda) dengan kualifikasi dalam bidang pendidikan bahasa Inggris di bawah supervisi guru ahli (tersertifikasi) yang memiliki kemampuan untuk merancang dan mengelola pembelajaran, melakukan assessment secara mandiri, serta melakukan inovasi dalam pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dan tujuan organisasi atau sekolah
Praktisi dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris dan bidang lain yang berhubungan dengan Bahasa InggrisTenaga ahli bidang bahasa Inggris dengan kemampuan untuk mengembangkan program pendidikan, mengelola program pendidikan, serta mengembangkan media dan bahan ajar secara mandiri sesuai dengan analisis kebutuhan yang tepat dari para pengguna (stakeholder), menjadi penyunting (editor) untuk bahan ajar berbahasa Inggris, serta ahli transliterasi bahasa Inggris–bahasa Indonesia yang dapat memberikan berbagai alternatif solusi untuk pemecahan masalah yang berkenaan dengan pendidikan bahasa Inggris dan kebahasa-Inggrisan
WirausahawanWirausahawan dalam bidang bahasa dan pendidikan bahasa Inggris yang berdaya guna bagi masyarakat dengan bisnis utama berkenaan dengan penyedia layanan pendidikan (sekolah, kursus), penyedia layanan konten bahasa dan pendidikan bahasa Inggris (educational blog, learning management system, media campaign), serta penyedia jasa transliterasi yang dapat menawarkan berbagai alternatif dan solusi untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna.
STANDAR KOMPETENSI DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Standar Kompetensi:

Sikap:

  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

Keterampilan:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia
  3. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

 

Pengetahuan:

  1. Mampu berkomunikasi menggunakan berbagai jenis teks lisan dan tulis dengan tujuan yang jelas, dengan struktur makna yang kohesif dan koheren, serta dengan unsur leksikogramatika yang tepat dan berterima sesuai dengan konteks situasinya.
  2. Mampu menerapkan prinsip kesepadanan makna untuk menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya;
  3. Mampu menghasilkan apresiasi sederhana, terutama dalam aspek kebahasaan, beberapa jenis karya sastra dan seni;
  4. Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem bunyi bahasa Inggris;
  5. Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem morfologis dan sintaksis bahasa Inggris;
  6. Mampu menganalisis penerapan fungsi experiensial (menyatakan pengalaman)
  7. Mampu melakukan analisis wacana sederhana terhadap teks otentik bahasa Inggris dalam kaitannya dengan konteks budaya dan konteks situasi terhadap penggunaannya;
  8. Mampu menerapkan konsep-konsep dasar tentang literasi kritis
  9. Mampu merencanakan proses pembelajaran literasi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang mendidik dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, berbasis kelas/micro teaching/PKM;
  10. Mampu melaksanakan proses pembelajaran literasi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang mendidik dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, berbasis kelas/micro teaching/PKM
  11. Mampu menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang penalaran ilmiah yang meliputi penentuan informasi dan data, prosedur pengumpulan, prosedur analisis, serta interpretasinya;
  12. Mampu merancang usaha (bisnis) dalam bidang bahasa Inggris atau pendidikan Bahasa Inggris

 

Capaian Pembelajaran Lulusan:

  1. Memiliki kemampuan bahasa Inggris lisan dan tulis yang setara dengan CEFR C1 dan menguasai prinsip-prinsip pengajaran abad 21 dan dapat mendemonstrasikannya dalam pengajaran bahasa Inggris.
  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris lisan dan tulis yang setara dengan CEFR C1 dan mengintegrasikannnya dengan kompetensi pendukung lainnya untuk menjalankan fungsi sebagai praktisi bahasa Inggris (Specialists in English Education and English Language).
  3. Memiliki kemampuan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, melakukan fungsi pengendalian untuk menyelenggarakan usaha dalam bidang pendidikan dan bidang usaha lainnya yang berhubungan dengan bahasa Inggris.