PROFIL LULUSAN

  1. Calon Pendidik Bahasa Inggris
  2. Calon Peneliti Bidang Bahasa Inggris dan/atau Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Pengelola Program Pendidikan Bahasa Inggris
  4. Praktisi bahasa Inggris dalam media komunikasi
PROFIL DESKRIPSI PROFIL LULUSAN
1. Pendidik Bahasa Inggris a.          Mampu memahami dan menerapkan prinsip pengungkapan makna dalam berbagai jenis teks lisan dan tulis;
    b.         Mampu memahami dan menerapkan prinsip pengungkapan makna dalam bentuk teks ilmiah/akademik lisan dan tulis;
    c.          Mampu melaksanakan fungsi sosial dengan berkomunikasi menggunakan dan terkait dengan berbagai jenis teks lisan dan tulis dengan tujuan yang jelas, dengan struktur makna yang kohesif dan koheren, serta dengan unsur leksikogramatika yang tepat dan berterima, semuanya sesuai dengan konteks situasinya;
    d.         Mampu memahami dan menerapkan prinsip kesepadanan makna untuk menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya;
    e.          Mampu menghasilkan apresiasi sederhana, terutama dalam aspek kebahasaan, beberapa jenis karya sastra dan seni;
    f.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang bahasa secara umum, peran bahasa Inggris bagi pembangunan Indonesia, dan cabang-cabang ilmu bahasa;
    g.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem bunyi bahasa Inggris;
    h.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem morfologis dan sintaksis bahasa Inggris;
    i.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem gramatika fungsional;
    j.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang wacana, teks dan pengaruh konteks budaya dan konteks situasi terhadap penggunaannya;
    k.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang literasi kritis;
    l.           Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang anak didik dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional;
    m.       Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang pembelajaran yang mendidik bagi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional;
    n.         Mampu memahami dan menerapkan konsep tentang perbaikan dan/atau peningkatan kualitas pembelajaran literasi bahasa Inggris berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;
    o.         Mampu merencanakan proses pembelajaran literasi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang mendidik dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    p.         Mampu melaksanakan proses pembelajaran literasi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang mendidik dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik; and
    q.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang language-mediated human mind, hakikat multiliterasi, dan pendidikan multiliterasi.
    r.           Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang penalaran ilmiah yang meliputi penentuan informasi dan data, prosedur pengumpulan, prosedur analisis, serta interpretasinya;
2. Calon Peneliti Bidang Bahasa Inggris dan/atau Pendidikan Bahasa Inggris

 

 

a.          Mampu memahami dan menerapkan prinsip pengungkapan makna dalam berbagai jenis teks lisan dan tulis;
  b.         Mampu memahami dan menerapkan prinsip pengungkapan makna dalam bentuk teks ilmiah/akademik lisan dan tulis;
  c.          Mampu melaksanakan fungsi sosial dengan berkomunikasi menggunakan dan terkait dengan berbagai jenis teks lisan dan tulis dengan tujuan yang jelas, dengan struktur makna yang kohesif dan koheren, serta dengan unsur leksikogramatika yang tepat dan berterima, semuanya sesuai dengan konteks situasinya;
    d.         Mampu memahami dan menerapkan prinsip kesepadanan makna untuk menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya;
    e.          Mampu menghasilkan apresiasi sederhana, terutama dalam aspek kebahasaan, beberapa jenis karya sastra dan seni;
    f.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang bahasa secara umum, peran bahasa Inggris bagi pembangunan Indonesia, dan cabang-cabang ilmu bahasa;
    g.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem bunyi bahasa Inggris;
    h.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem morfologis dan sintaksis bahasa Inggris;
    i.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem gramatika fungsional;
    j.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang wacana, teks dan pengaruh konteks budaya dan konteks situasi terhadap penggunaannya;
    k.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang literasi kritis;
    l.           Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang anak didik dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional;
    m.       Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang pembelajaran yang mendidik bagi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional;
    n.         Mampu memahami dan menerapkan konsep tentang perbaikan dan/atau peningkatan kualitas pembelajaran literasi bahasa Inggris berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;
    o.         Mampu merencanakan proses pembelajaran literasi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang mendidik dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    p.         Mampu melaksanakan proses pembelajaran literasi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang mendidik dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    q.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang language-mediated human mind, hakikat multiliterasi, dan pendidikan multiliterasi; dan
    r.           Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang penalaran ilmiah yang meliputi penentuan informasi dan data, prosedur pengumpulan, prosedur analisis, serta interpretasinya;
3. Pengelola Program Pendidikan Bahasa Inggris

 

a.          Mampu memahami dan menerapkan prinsip pengungkapan makna dalam berbagai jenis teks lisan dan tulis;
  b.         Mampu memahami dan menerapkan prinsip pengungkapan makna dalam bentuk teks ilmiah/akademik lisan dan tulis;
    c.          Mampu melaksanakan fungsi sosial dengan berkomunikasi menggunakan dan terkait dengan berbagai jenis teks lisan dan tulis dengan tujuan yang jelas, dengan struktur makna yang kohesif dan koheren, serta dengan unsur leksikogramatika yang tepat dan berterima, semuanya sesuai dengan konteks situasinya;
    d.         Mampu memahami dan menerapkan prinsip kesepadanan makna untuk menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya;
    e.          Mampu menghasilkan apresiasi sederhana, terutama dalam aspek kebahasaan, beberapa jenis karya sastra dan seni;
    f.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang bahasa secara umum, peran bahasa Inggris bagi pembangunan Indonesia, dan cabang-cabang ilmu bahasa;
    g.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem bunyi bahasa Inggris;
    h.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem morfologis dan sintaksis bahasa Inggris;
    i.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem gramatika fungsional;
    j.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang wacana, teks dan pengaruh konteks budaya dan konteks situasi terhadap penggunaannya;
    k.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang literasi kritis;
    l.           Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang anak didik dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional;
    m.       Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang pembelajaran yang mendidik bagi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional;
    n.         Mampu memahami dan menerapkan konsep tentang perbaikan dan/atau peningkatan kualitas pembelajaran literasi bahasa Inggris berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar;
    o.         Mampu merencanakan proses pembelajaran literasi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang mendidik dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik; dan
    p.         Mampu melaksanakan proses pembelajaran literasi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang mendidik dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
    q.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang language-mediated human mind, hakikat multiliterasi, dan pendidikan multiliterasi
    r.           Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang penalaran ilmiah yang meliputi penentuan informasi dan data, prosedur pengumpulan, prosedur analisis, serta interpretasinya;
    s.          Mampu menguasai konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang kewirausahaan dalam bidang pendidikan bahasa Inggris.
4. Praktisi bahasa Inggris dalam media komunikasi

 

a.          Mampu memahami dan menerapkan prinsip pengungkapan makna dalam berbagai jenis teks lisan dan tulis;
  b.         Mampu memahami dan menerapkan prinsip pengungkapan makna dalam bentuk teks ilmiah/akademik lisan dan tulis;
    c.          Mampu melaksanakan fungsi sosial dengan berkomunikasi menggunakan dan terkait dengan berbagai jenis teks lisan dan tulis dengan tujuan yang jelas, dengan struktur makna yang kohesif dan koheren, serta dengan unsur leksikogramatika yang tepat dan berterima, semuanya sesuai dengan konteks situasinya;
    d.         Mampu memahami dan menerapkan prinsip kesepadanan makna untuk menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya;
    e.          Mampu menghasilkan apresiasi sederhana, terutama dalam aspek kebahasaan, beberapa jenis karya sastra dan seni;
    f.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang bahasa secara umum, peran bahasa Inggris bagi pembangunan Indonesia, dan cabang-cabang ilmu bahasa;
    g.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem bunyi bahasa Inggris;
    h.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem morfologis dan sintaksis bahasa Inggris;
    i.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang sistem gramatika fungsional;
    j.           Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang wacana, teks dan pengaruh konteks budaya dan konteks situasi terhadap penggunaannya;
    k.         Mampu menguasai konsep-konsep dasar tentang literasi kritis;
    l.           Mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang penalaran ilmiah yang meliputi penentuan informasi dan data, prosedur pengumpulan, prosedur analisis, serta interpretasinya;
    m.       Mampu menguasai konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar tentang kewirausahaan dalam bidang komunikasi berbahasa Inggris.