DYAH ALIA MAULIDIA: MAHASISWA PROGRAM MSIB KAMPUS MERDEKA DARI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Dyah Alia Maulidia, mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2020 Universitas Negeri Jakarta, pada 21 Desember 2022 menyelesaikan tanggung jawabnya pada program MSIB Studi Independen Kampus Merdeka angakatan 3 di mitra Karier.mu dengan mengikuti agenda “Graduation.” Pada agenda ini, kami diharuskan menggunakan dresscode bertema “Holiday” dan mengisi beberapa pertanyaan refleksi  menggunakan Google Jamboard. Kemudian, di penghujung acara akhirnya kami-pun di wisuda. 

Program Studi Independen Bersama Karier.mu pada Angkatan ini mengangkat tema 21st-Century Digital Educator (Guru Digital Abad 21) dimana selama program yang berjalan dari bulan Agustus – Desember 2022 penulis mempelajari 10 modul pembelajaran interaktif. Pada setiap modul, terdapat sesi belajar live bersama Fasilitator dan Expert dan juga asesmen dengan jenis berbeda yang disesuaikan dengan materi modul pembelajaran. Setelah peserta selesai mengikuti rangkaian pembelajaran sepuluh modul, kami dalam setiap kelompok diminta untuk membuat satu modul pembelajaran yang mengangkat tema Profil Pelajar Pancasila. Pembuatan modul ini dimulai dari bulan November – Desember 2022. Kelompok penulis fokus pada tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” sehingga kami membuat modul pembelajaran yang berjudul “Pentingkah Kesehatan Mental bagi Perkembangan Belajar Siswa.” Selama proses pembuatan modul, penulis bersama kelompok melalui beberapa kali tahapan revisi dan diskusi presentasi bersama fasil dan reviewer terkait isi konten. Modul ini memuat enam subtopik materi. Sehingga pada tahapan produksi konten, kelompok kami membentu lagi beberapa kelompok kecil untuk memaksimalkan proses pembuatan konten. Penulis mengambil peran sebagai PIC untuk subtopik 5 tentang “Menjaga Kesehatan Mental Siswa di Kelas.” Setelah tahapan produksi konten, fasil menginputnya kedalam LMS Karier.mu dan kami lanjut ke tahapan promosi modul dengan mendesain cover page, poster landing page, slide presentasi (menggunakan Genial.ly), dan juga postingan Instagram. Kemudian sampailah di acara puncak dari pembuatan final project ini yaitu sesi Showcase.

Pada sesi ini, setiap kelompok diminta mempresentasikan product yang berupa modul pembelajaran di hadapan para dewan juri dan peserta kelompok lain. Terdapat 3 juri yang memberikan penilaian dan feedback yaitu Kak Ikhsan Abdusyakur sebagai Head of Academic Sekolah.mu, Kak Roswita Amelinda sebagai Head of School Partnership Sekolah.mu dan Kak Kadek. Di sesi showcase ini, penulis mengambil peran sebagai presenter perwakilan kelompok bersama dengan satu rekan lainnya. Setelah sesi pemaparan product dan tanya jawab bersama juri, sesi showcase pun berakhir. Setelah mengikuti rangkaian pembelajaran dalam studi independent bersama pihak Karier.mu, penulis menyimpulkan bahwa program ini mengajarkan penulis ilmu – ilmu untuk mempersiapkan diri sebagai guru abad 21 yang siap beralih dari guru dengan cara mengajar dan pembelajaran tradisional kepada cara mengajar yang modern dan juga lebih terbuka terhadap isu kesehatan mental siswa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *