Pada Sabtu, 19 Juni 2021, pukul 09.00-12.00 WIB, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Kerangka KKNI, OBE, dan TIK untuk Menghasilkan Lulusan tangguh serta Adaptif. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meetings. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FBS UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., serta para dosen Prodi PBSI yaitu Ibu Dra. Sri Suhita, M.Pd., Ibu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., Ibu Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd., Ibu, Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.), Bapak Dr. Edi Puryanto, M.Pd., Ibu Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd., Ibu Nurita Bayu Kusmayati, M.Pd., Ibu Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum., Ibu Etsa Purbarani, M.Pd., Ibu Reni Oktaviani, M.Pd., dan Ibu Hestiyani Parai, M.Pd. Hadir pula kepala Lembaga Pendidikan Daerah Sentul, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur KPM, Ibu Hjh. Norazian Hj. Ab. Razak, S.Pd., M.A. Beliau alumnus PBSI angkatan 1993, tinggal di Kuala Lumpur Malaysi. Selain itu, hadir pula dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia, koorprodi, dan dosen di lingkungan FBS.

Pewara dalam kegiatan ini, mahasiswa Prodi PBSI, Halimatus Sadiyah. Moderator dalam kegiatan ini, dosen Prodi PBSI, Bapak Nur Sekhudin, S.Pd., M.Hum. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Koorprodi PBSI, Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., Narasumber dalam kegiatan ini yaitu guru besar dari Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Dawud, M.Pd. Beliau menjelaskan tentang perkembangan kurikulum dari era 1970 hingga 2020. Arah kompetensi (BSNP) mengacu kepada kompetensi dasar dan holistik terintegrasi. Kompetensi dasar meliputi kompetensi keberagaman; kompetensi kewarganegaraan; kompetensi keilmuan-literasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan bahasa; kompetensi digital; dan kompetensi belajar untuk belajar. Adapun, kompetensi holistik terintegrasi meliputi kompetensi untuk hidup, kehidupan, dan penghidupan.  

Landasan penyusunan kurikulum prodi dalam setiap tahapan siklus kurikulum mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti). Keselarasan dengan pendekatan Outcome Based Education (OBE) dalam akreditasi nasional. Tahap penyusunan kurikulum prodi sarjana dalam KKNI, sarjana merupakan program pendidikan pada jenjang VI. Selain itu, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar evaluasi jenjang VI diatur dalam SN-Dikti. Adapun, standar kompetensi lulusan yang dirumuskan sebagai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) mencakup CPL sikap dan Keterampilan Umum terdapat dalam lampiran SN-Dikti, serta CPL Pengetahuan dan Keterampilan Khusus disepakati oleh asosiasi atau forum pengelola program studi sejenis (IKAPROBSI). Struktur kurikulum prodi S-1 PBSI dengan masa studi untuk program sarjana paling lama tujuh tahun akademik dengan beban belajar mahasiswa 144-146 sks. Narasumber memberikan masukan tentang CPL kurikulum yang sedang dibuat.  Setelah pemaparan materi, sesi tanya jawab dilakukan. (RO)