Pada Selasa, 25 Juni 2019, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (PS PBSI) melaksanakan survei ke salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Tidung. PS PBSI tidak berangkat sendiri ke Pulau Tidung, melainkan bersama 10 program studi lainnya di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ. Kesepuluh program studi yang juga mengikuti survei tersebut adalah Program Studi Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Sastra Inggris, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Program Studi Pendidikan Seni Tari, serta Program Studi Pendidikan Seni Musik. Tim PS PBSI sendiri diwakili oleh Koorprodi PBSI, N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil. (Ling.) serta dua dosen CPNS, Nur Sekhudin, S.Pd., M.Hum. dan Etsa Purbarani, M.Pd. Selain itu, Wakil Dekan III FBS, Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd., juga turut serta dalam survei ke Pulau Tidung. Survei tersebut dilaksanakan sebagai studi pendahuluan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Survei ke Pulau Tidung diawali dengan keberangkatan rombongan 11 prodi FBS pada pukul 06.00 WIB dan tiba di Dermaga Marina pada pukul 06.30 WIB. Selanjutnya, rombongan berangkat dengan kapal pada pukul 08.00 WIB. Pada pukul 10.00 WIB, rombongan FBS tiba di Pulau Tidung dan langsung disambut oleh Kepala Sie Pemerintahan Kelurahan Pulau Tidung, Bapak Sahruddin. Setelah disambut oleh Pak Sahruddin, rombongan tim FBS melaksanakan koordinasi dengan tim prodi masing-masing. Pada kesempatan tersebut, tim survei PS PBSI berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Pulau Tidung dan SMP Negeri 241 Jakarta. Tim PS PBSI berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Pulau Tidung berkenaan dengan rencana pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pelatihan menulis surat dinas bagi pegawai kelurahan. Setelah berkoordinasi dengan pihak kelurahan, tim PS PBSI berkoordinasi dengan pihak SMP Negeri 241 Jakarta. Tim PS PBSI diterima oleh dua orang guru, kepala bagian tata usaha, serta perwakilan dari Suku Dinas Pendidikan Kepulauan Seribu. Koordinasi dilakukan terkait dengan rencana pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bagi guru-guru SMP Negeri 241 Jakarta tentang musikalisasi puisi.

Setelah koordinasi selesai, tim PS PBSI dan rombongan FBS melanjutkan aktivitas dengan makan siang dan sejenak menikmati keindahan Pulau Tidung. Pukul 15.00 WIB, tim PS PBSI beserta beberapa tim dari prodi lain kembali ke UNJ. (et)