Masa Pengenalan Akademik (MPA) bagi mahasiswa baru 2016 dilaksanakan pada Selasa-Jumat, 23-26 Agustus 2016. MPA tahun ini memang berbeda dari sebelumnya. MPA kali ini memang difokuskan pada pemberian materi untuk mengenalkan akademik kampus kepada mahasiswa baru 2016.  Sebelumnya, sejak beberapa hari sebelumnya sampai dengan 22 Agustus, BEMP PBSI, panitia MPA, Dosen Pembimbing BEMP PBSI, melakukan rapat persiapan MPA bersama Kaprodi dan Wadek 3 FBS di Gedung Q UNJ.

Pembukaan dan penutupan MPA dilaksanakan di Kampus B, sementara hari kedua dan ketiga MPA  dilaksanakan di Prodi masing-masing. MPA Prodi PBSI dibuka oleh Kaprodi PBSi, N. Lia Marliana yang diikuti dengan memperkenalkan para dosen kepada mahasiswa baru. MPA prodi bertempat di Gedung Q, yaitu di Q 105 dan di  Q 106. Ruangan yang digunakan untuk kegiatan Masa Pengenalan Akademik tersebut dinamai ruangan Ki Hajar Dewantara (Q 105) dan Mohammad Natsir (Q 106) oleh Dosen Pembimbing Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Rahmah Purwahida, M.Hum.

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) melibatkan delapan dosennya sebagai pemateri untuk menyampaikan sembilan materi MPA pada Rabu 24 Agustus, yaitu Wawasan Kebangsaan, Kegiatan Akademik, Tata Krama, Nilai Budaya, dan Etika Keilmuan, Layanan Mahasiswa, Kepemimpinan dan Kewirausahaan, Kiat Sukses Belajar di PT, Organisasi Kemahasiswaan, Paparan Prodi, dan Bimbingan PA.  dan lima belas mahasiswa dan alumni berprestasi sebagai narasumber dalam paparan mahasiswa dan alumni berprestasi.

Pada 2016 ini Prodi PBSI menerima 69 mahasiswa baru dari tiga jalur masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Penmaba sehingga Prodi PBSI kali ini membuka dua kelas, yaitu 1 PB 1 sebanyak 34 mahasiswa dan 1 PB 2 sebanyak 35 mahasiswa. Penasihat Akademik (PA) untuk PB1 ialah N. Lia Marliana dan Sam M. Chaniago, serta PA PB2 ialah Rahmah Purwahida dan Fathiaty Murtadho. Keempat PA ini membimbing mahasiswa baru dalam materi bimbingan PA pada Kamis 25 Agustus. Namun, karena berhalangan hadir, Fathiaty Murtadho diwakili oleh Siti Ansoriyah.

Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi PBSI memandu Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan menyanyikan berbagai jargon dan yel-yel untuk menambah semangat Mahasiswa Baru dalam mengikuti rangkaian kegiatan MPA.

Dosen Pembimbing BEMP PBSI, Rahmah Purwahidah yang dimoderatori oleh Makna, menyampaikan materi tentang “Organisasi Mahasiswa dan Kegiatan Mahasiswa, perbedaan kuliah dengan sekolah, serta kegiatan yang berhubungan dengan motivasi diri. Beliau menambahkan bahwa organisasi dan kegiatan yang ada di UNJ, yaitu opmawa, ormawa, UKM, UKO, Sigma TV, Era FM, Didaktika, LKM, KPM, KSPA, dan sebagainya. Beliau juga memberikan nasihat bahwa mahasiswa harus aktif di bidang akademik dan nonakademik.

Kegiatan Masa Pengenalan Akademik diakhiri dengan sesi foto bersama. Foto bersama Ketua Program Studi PBSI, yaitu N. Lia Marliana, Dosen BEMP PBSI, yaitu Rahmah Purwahida, para Badan Pengurus Harian BEMP PBSI, para staf BEMP PBSI, serta maba di Tugu Universitas Negeri Jakarta. (Kris-Nlm)