Dimulai pada 27 Agustus 2018, para guru peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan (daljab) Tahap I dari empat program studi di UNJ melaksanakan kegiatan Orientasi di UNJ sebelum kegiatan Lokakarya PPG Daljab. Salah satu program studi (Prodi) yang mengelola PPG Daljab, yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia(PBI) FBS UNJ, yang memperoleh 26 peserta guru PPG Daljab untuk diberikan lokakarya. Kedua puluh enam guru ini adalah 10 guru Bahasa Indonesia yang mengajar di SMP, 9 guru SMK, dan 7 guru SMA dari DKI Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Banten.

 

Lokakarya PPG Daljab yang dilaksanakan di Gedung Q dan Gd. Adm. Lantai III UNJ ini terdiri atas tiga bagian. Lokakarya pertama pada 28-31 Agustus 2018 selama 32 jam dengan menelaah kembali materi pedagogi dan bidang studi yang telah dipelajari saat pembelajaran daring, materi pendidikan karakter, wawasan kebangsaan, pendidikan profesi guru. Sebelumnya pada 27 Agustus 2018, semua peserta PPG Daljab mengikuti orientasi di UNJ yang juga dihadiri oleh Koorprodi PBI FBS UNJ Ibu N. Lia Marliana dan Koordinator PPG Daljab Ibu Siti Ansoriyah. Kemudian, para guru menjalani lokakarya kedua selama 196 jam untuk menyusun perangkat pembelajaran dan melaksanakan kegiatan presentasi perangkat pembelajaran dan peerteaching. Lokakarya pengembangan perangkat pembelajaran ini dilakukan dengan beragam metode pembelajaran oleh para instruktur PPG Daljab dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia. Pada akhir masa lokakarya, peserta menjalani lokakarya ketiga dengan materi PTK selama 32 jam, sekaligus di dalamnya berlatih soal persiapan UP (Uji Pengetahuan) UKM PPG. Kegiatan lokakarya ini akan berakhir pada Sabtu, 29 September 2018 untuk selanjutnya mereka melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolahnya masing-masing.

 

Para peserta PPG Daljab pun melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Video Pembelajaran yang diberikan oleh LP3M, dengan narasumber Bapak Dr. Khaerudin. Kegiatan pelatihan yang dirancang untuk membekali peserta dengan keahlian membuat video pembelajaran dan mengunggahnya saat PPL kelak ini dilaksanakan pada Sabtu, 8 September 2018 dan 15 September 2018 pukul 08.00-16.00 di Gedung Adm. Lantai III UNJ. (nlm)