Semarang – Jumat-Sabtu (27-28/04/2018) Satu tim debat perwakilan Universitas Negeri Jakarta berkesempatan mengikuti kegiatan Lomba Debat Nasional Pendidikan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Tim tersebut terdiri atas Dara Fitriana Adinda Agrin (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, 2016), Friska Aviyati Lestari (Prodi Pendidikan Ekonomi, 2016) dan Jeany Mustika Mawartani (Prodi Akuntasi, 2016).

 Lomba Debat Nasional Pendidikan di Semarang dilaksanakan dalam dua hari, yaitu pada Jumat dan Sabtu. Pada Jumat dilaksanakan untuk babak penyisihan dan Sabtu dilaksanakan babak delapan final, semifinal, dan final. Lomba Debat Nasional Pendidikan ini diselenggarakan dalam rangka Peringatan HUT ke-53 Fakultas Ilmu Pendidikan dengan mengusung tema “Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia untuk Mengatasi Degradasi Moral di Era Disrupsi”.

 Peserta terdiri atas 16 tim yang berasal dari 13 universitas yang ada di Indonesia.

Perlombaan ini sangat menarik karena melibatkan mahasiswa-mahasiswa yang berpikiran kritis dan tanggap akan pendidikan di Indonesia. Perdebatan yang terjadi bukanlah untuk menemukan gagasan mana yang benar atau salah, namun  untuk melihat manakah yang lebih baik dan relevan di antara berbagai gagasan yang disampaikan di depan para juri.  Dengan demikian, tujuan dilaksanakan perlombaan ini untuk melahirkan gagasan-gagasan yang cerdas, relevan, dan solutif dalam menjawab persoalan-persoalan dalam bidang pendidikan menuju Indonesia yang lebih baik akan tercapai.

 Sistem debat yang digunakan mengadopsi debat English dengan Asian Parlementary System. Dalam perlombaan nantinya terdapat dua tim yang saling berlawanan yang dinamakan pihak pemerintah dan pihak oposisi. Perdebatan ini akan membahas satu mosi atau topik perdebatan yang akan diargumentasikan oleh masing-masing individu.

Setelah mengikuti berbagai babak, seperti babak penyisihan yang dilakukan selama 3 ronde, perempat final, semi final, dan final. Akhirnya tim UNJ berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Debat Nasional Pendidikan. Predikat Best Speaker juga diraih oleh  Dara Fitriana Adinda Agrin (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, 2016) dan Jeany Mustika Mawartani (Prodi Akuntansi, 2016). Selamat untuk para pemenang! (DFAA)