Kewajiban dosen melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indoensia (PBI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) adalah memberikan Seminar Pendidikan dan Lokakarya tentang Gerakan Literasi Sekolah dan Kurikulum 2013 bagi Para Guru di Sekolah Indonesia Johor Bahru, Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru Malaysia. Kegiatan Ini dilaksanakan pada Kamis, 12 April 2018, pukul 11.30-15.00 waktu Malaysia.

Kegiatan berkelanjutan yang telah dimulai oleh Prodi PBI FBS UNJ sejak 2017, dilaksanakan setahun lalu di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Malaysia yang terletak di Kedutaan Besar Republik Indonesia. Kegiatan P2M Prodi PBI ini memang diprogramkan khusus bagi sekolah-sekolah Indonesia yang ada di luar negeri. Dimulai dari SIKL tahun 2017, lalu SIJB tahun 2018, dan akan berlanjut pada sekolah-sekolah Indonesia lainnya. Para siswanya adalah anak-anak Indonesia yang orang tuanya bekerja di Malaysia. Kurikulum sekolah yang digunakan juga Kurikulum Indonesia. Para gurunya juga berasal dari Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Plh. Kepala Sekolah Indonesia Johor Bahru, Bapak Anang Fauzi Firdaus. Dilanjutkan sambutan Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Ibu Liliana Muliastuti. Dilanjutkan pemberian plakat oleh Koorprodi PBI kepada Kepala SIJB dan penyerahan sertifikat mitra lawatan akademik dan sertifikat seminar pendidikan bagi para guru yang menjadi peserta oleh Dekan FBS UNJ kepada Kepala SIJB.

Selain Koorprodi PBI FBS UNJ Ibu N. Lia Marliana, para dosen yang berperan serta yaitu Ibu Profesor Endry Boeriswati, Ibu Liliana Muliastuti, Ibu Sri Suhita, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu Fathiaty Murtadho, Ibu Siti Ansoriyah, Bapak Edi Puryanto, dan Ibu Reni Nur Eriyani. Mewakili prodi sebagai pembicara yaitu Ibu Liliana Muliastuti tentang Gerakan Literasi Sekolah dan Ibu Profesor Endry Boeriswati tentang Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Genre dalam Kurikulum 2013. Para guru yang terlibat sebanyak 20 guru dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

Semua guru memperoleh buku ber-ISBN: Monograf Refleksi Pembelajaran dan Literasi Bahasa Indonesia, karya para dosen Prodi PBI FBS UNJ dan buku-buku dari Penerbit Raja Grafindo. Salah satu buku yang diberikan pun ada yang ditulis oleh Bapak Sam Mukhtar Chaniago, yaitu buku kumpulan puisi Derai Suara Ranting. Guru yang bertanya pun mendapat hadiah buku dari narasumber. Kegiatan ini berakhir pukul 15.00 waktu Malaysia. (nlm)