Pada Senin, 15 Februari 2016, pukul 7.30-09.30 wib, di Gedung. PSG Lt.8 UNJ telah dilaksanakan dua kegiatan sekaligus oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PSPBSI), FBS UNJ. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala LPP UNJ tersebut, yaitu kegiatan Seminar Kurikulum 2013 dalam rangka peningkatan mutu perkuliahan PBM mahasiswa dan dosen di PSPBSI, serta kegiatan Seminar Kurikulum 2013 dalam rangka peningkatan mutu Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) SM3T PSPBSI.

Narasumber dua kegiatan tersebut ialah Bapak Tjipto Soemadi, Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud RI. Mantan Pembantu Rektor 3 UNJ ini menyampaikan materi mengenai revisi Kurikulum 2013 yang berlaku di tahun 2016 ini, yaitu salah satunya pada aspek penilaian sikap spiritual dan sikap sosial.

Seminar yang dimoderatori Kepala Pusat Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru dan Dosen UNJ (Bapak Budiaman) ini, membahas adanya revisi Kurikulum 2013 terletak pada diajarkannya secara tidak langsung (indirect teaching) sikap spriritual dan sikap sosial di dalam pembelajaran bidang studi Bahasa Indonesia. Penilaian sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan guru dengan ikut menumbuhkan sebagai pendidikan karakter. Hanya guru bidang studi  Agama dan Budi Pekerti serta bidang studi PPKN yang mengajarkan secara langsung aspek sikap spiritual dan sikap sosial (direct teaching).

Kegiatan yang dipewarai sendiri oleh Ketua Prodi PBSI (Ibu N. Lia Marliana) ini dihadiri oleh 26 guru PPG SM3T PSPBSI, 174 mhs PSPBSI, Koordinator PPG PSPBSI (Suhertuti), Wadek 3 FBS (Sri Suhita), serta empat dosen PBM PSPBSI (Reni Nur Eriyani, Siti Ansoriyah, Edi Puryanto, dan Rahmah Purwahida).  Seminar yang menjadi kegiatan awal perkuliahan Semester 104 2015/2016 di PSPBSI ini disajikan narasumber dengan serius tetapi santai dan dibalut humor yang membuat suasana seminar menjadi segar, menyenangkan, namun tetap bermakna.

Pada akhir kegiatan, setelah foto bersama, Kepala LPP UNJ menutup dengan menyampaikan informasi mengenai PPG SM3T kepada semua peserta seminar.

(Nlm)