Kolaborasi menjadi salah satu kunci penting di era digital. Kolaborasi akan dilakukan oleh lembaga: Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Komunitas Taman Inspirasi Sastra Indonesia (TISI), dan Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta. Ketiga pihak ini sepakat untuk bersama-sama mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia khususnya, serta seni budaya umumnya.

Dalam hal Peringatan 82 Tahun Sutardji Calzoum Bachri, misalnya. Puncak peringatan tersebut akan berlangsung pada Sabtu, 24 Juni 2023, yang diketuai oleh Octavianus Masheka, Ketua Umum Komunitas Taman Inspirasi Sastra Indonesia (TISI). Ini bertepatan dengan 82 Tahun Sutardji Calzoum Bachri, Presiden Penyair Indonesia. Kolaborasi pertama yang digalang oleh TISI adalah dengan Disbud DKI Jakarta. Dan, Iwan Henry Wardhana selaku Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, menyambut dengan antusias.

Kolaborasi kedua yang digalang oleh TISI dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), khususnya dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Dan, Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., selaku Koordinator Program Studi tersebut, juga menyambut dengan antusias.

Antusiasme tersebut mendapat dukungan penuh dari Dr. Totok Bintoro M.Pd., selaku Wakil Rektor IV Universitas Negeri Jakarta. Apalagi, sejumlah mahasiswa UNJ dilibatkan TISI dalam kepanitiaan Peringatan 82 Tahun Sutardji Calzoum Bachri ini. Beliau menilai, hal ini positif bagi proses pembelajaran serta pengembangan diri mahasiswa.

Bertepatan dengan Road Show ke-2 menjelang 82 Tahun Sutardji Calzoum Bachri, yang diadakan di Universitas Negeri Jakarta, di tempat yang sama dilangsungkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Negeri Jakarta dengan Komunitas Taman Inspirasi Sastra Indonesia (TISI).