Fakultas Bahasa dan Seni mengadakan Workhsop BIPA selama 3 hari pada tanggal 27—29 Maret 2023 dengan menghadirkan dosen-dosen dan mahasiswa sebagai pengajar BIPA. Hal ini menjawab tantangan internasionalisasi bahasa Indoesia saat ini. FBS berharap melalui workshop ini akan menciptakan pengajar-pengajar BIPA yang kompeten sesuai dengan ciri khas program studi masing- masing.

Wokshop ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Wakil Dekan I FBS UNJ, Ibu Eva Leiliyanti, Ph.D., dosen dan mahasiswa prodi-prodi di FBS. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diwakilin dua orang dosen yaitu Nur Sekhudin, S.Pd., M.Hum., dan Hestiyani Parai, M.Pd., serta 3 mahasiswa yaitu Azzahra Isnamalika, Fani Kania, dan Annisa Widya Shafira.

Berbagai narasumber ahli di bidang pengajaran BIPA dihadirkan untuk memberikan berbagai materi kepada peserta workshop di antaranya Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Muhammad Abduh, Erni Catur Westi, S.S., M.Pd., Sri Handayani Yasa, M.Hum., Ibu Dr. Nuny Sulistiani Idris, M.Pd., dan Editia Herningtyas, M.Hum.

Pada hari pertama, workshop ini dibuka dengan sambutan Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa  melalui kegiatan Pelatihan Pengajaran Bahasa dan Budaya Indonesia bagi Penutur Asing yang diselenggarakan oleh FBS UNJ ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah produk praktik baik untuk mendukung program BIPA di UNJ. Selanjutnya Ibu Liliana Muliastuti melanjutkan dengan memberikan materi pertama “Sejarah dan Falsafah BIPA”. Dalam materi ini, Ibu Liliana memaparkan sejarah BIPA di Indonesia serta di UNJ.

Materi kedua oleh Muhammad Abduh dengan materi Pengajaran menyimak-berbicara (contoh materi, dan konteks budaya) dalam BIPA. Pak Abduh memberikan cara pengajaran serta tips-tips dalam mengajar keterampilan membaca dan menulis untuk orang asing. Materi ketiga oleh Ibu Erni Catur Westi, S.S., M.Pd. Ibu Erni menyampaikan materi Pengajaran Tata Bahasa BIPA. Dalam materi ini, Ibu Erni memberikan berbagai penggunaan tata bahasa yang diajarkan untuk BIPA sesuai jenjangnya.

Pada hari kedua, narasumbernya ialah Ibu Sri Handayani Yasa, M.Hum., yang mengajarkan Pengajaran Membaca-Menulis (contoh materi, metode, dan konteks budaya), Ibu Dr. Nuny Sulistiani Idris, M.Pd., dengan materi Silabus, RPP, dan Evaluasi BIPA, dan Ibu Editia Herningtyas, M.Hum., yang memberikan materi Media BIPA.

Pada hari terakhir, materi yang didapatkan oleh peserta dari Ibu Liliana Muliastuti yang memaparkan materi Pengembangan Materi Ajar. Dalam kesempatan ini, peserta diarahkan untuk mengembangkan materi ajar BIPA sesuai dengan ciri khas program studi masing-masing. Para dosen dan mahasiswa berdiskusi untuk menyusun suatu materi ajar. Perwakilan dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengembangkan materi ajar level BIPA 1 dengan topik Ciri-Ciri Fisik. Dalam waktu 45 menit, dosen dan mahasiswa PBSI mampu menyelesaikan satu topik yang selanjutnya dipresentasikan untuk mendapatkan saran dari narasumber dan seluruh peserta.