Pada Senin, 13 Maret 2023, pukul 15.30–selesai WIB, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan kolaborasi dengan TISI. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring di Kampus A Universitas Negeri Jakarta, Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor IV, Bapak Dr. Totok Bintoro, M.Pd. Kemudian sambutan dari Wakil Dekan III FBS UNJ, Ibu Dr. Dini Devi Triana, M.Pd.

Kegiatan ini dihadiri oleh Koorprodi PBSI, Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., serta para dosen Prodi PBSI yaitu Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si., Ibu Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd., Ibu Nurita Bayu Kusmayati, M.Pd., dan Bapak Nur Sekhudin, S.Pd., M.Hum. Selain itu, kegiatan ini dihadiri berbagai kalangan baik akademisi, penyair, maupun pegiat sastra. Presiden Penyair Indonesia, Bapak Sutardji Calzoum Bachri, membacakan puisi dengan sangat antusias dan berapi-api.

Ketua panitia berharap bahwa kegiatan roadshow ini bertujuan memperkenalkan para penyair ke para mahasiswa, ketika menjadi guru sebagai ujung tombak pengajaran sastra di berbagai sekolah di tanah air. Dalam roadshow ini, ketua panitia, Octavianus Masheka mengatakan ajang ini sebagai apresiasi dan pengembangan pembelajaran sastra. Dalam kegiatan ini, para penyair nusantara membacakan karya Sutardji dengan deklamasi maupun musikalisasi puisi. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan penandatanganan kerja sama antara PBSI dengan TISI. Penandatanganan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak. (RO)