Pada Kamis, 17 November 2022, pukul 08.00-16.00 WIB, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Seminar Nasional. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings. Kegiatan ini bertema Dinamika Bahasa, Sastra, dan Seni dalam Konstelasi Dunia Pendidikan pada Era Pascapandemi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FBS UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., Wakil Dekan I, Ibu Eva Leiliyanti, Ph.D., Wakil Dekan II, Bapak Drs. Krisanjaya, M.Hum., dan Wakil Dekan III, Ibu Dr. Dinny Devi, M.Pd., Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., serta para dosen Prodi PBSI yaitu Bapak Dr. Edi Puryanto, M.Pd., Bapak Nur Sekhudin, S.Pd., M.Hum., Ibu Etsa Purbarani, M.Pd., Ibu Reni Oktaviani, M.Pd., Ibu Hestiyani Parai, M.Pd., para dosen dan para mahasiswa di lingkungan UNJ, serta para peserta dari luar UNJ.

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Ketua Organisasi Riset Arkeologi, Bahasa, dan Sastra Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bapak Dr. Herry Jogaswara, M.A., dan Guru Besar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB), Bapak Prof. Dr. Yasraf Amir Piliang, M.A. Kegiatan ini diawali dengan sambutan ketua pelaksana Semnas FBS UNJ. Kemudian sambutan Dekan FBS UNJ dan Wakil Rektor I UNJ. Selanjutnya pemaparan dari narasumber. Narasumber memaparkan tentang estetika dan transestetika di era pascapandemi. Selain itu, penjelasan tentang ekosistem riset yang sedang berubah berupa peran badan riset dan inovasi nasional. (RO)