Pada Kamis-Minggu, 3-6 November 2022, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan Forum FBS di Unesa. Kegiatn ini dilakukan secara luring di Unesa, Surabaya. Rapat ini dihadiri oleh para narasumber, para rektor, para dekan FBS, para wakil dekan FBS, dan para korprodi 12 LPTK. Hadir pula Dekan FBS UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., wakil dekan FBS UNJ, Koorprodi PBSI, Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., serta para koorprodi di lingkungan FBS UNJ.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan ketua panitia, Syafiul Anam, Ph.D., sambutan dekan Unesa, Dr. Trisakti, M.Si., dan sambutan Rektor Unesa Prof. Dr. Nur Hasan, M.Kes. Adapun keynote speaker dalam kegiatan ini Direktur Kelembagaan Dikti, Dr. Lukman, S.T., M.Hum menjelaskan tentang akreditasi internasional Kemendikbudristek pada sesi 1, keynote speaker dari Lembaga Akreditasi Mandiri, Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd., pada sesi 2, dilanjutkan denagn Rektor UNP, Prof. Ganefri, M.Pd., Ph.D pada sesi 2.

Pada sesi 3, Wakil Rektor 1 Unesa, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., memaparkan tentang praktik baik capaian pembelajaran bidang akademik Unesa. Kemudian Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UNY, Prof. Dr. Siswantoyo, S.Pd., M.kes, AIFO tentang praktik baik capaian indikator kinerja utama perguruan tinggi di UNY. Selanjutnya, diskusi paralel per bidang studi.

Hasil diskusi paralel Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengenai penguatan kerja sama mandiri antar 12 LPTK meliputi penyiapan dan penguatan sistem Siakad tiap-tiap prodi baik untuk NIM sampai penelitian mahasiswa. Apabila harus luring, diupayakan lembaga yang berdekatan. Selain itu, merumuskan pengujian skripsi bersama serta merumuskan penelitian dan P2M bersama. (RO)