Pada Kamis, 9 Juni 2022, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Seminar KKL 2019. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings. Kegiatan ini dihadiri oleh Koorprodi PBSI, Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., serta para dosen pembimbing Prodi PBSI yaitu Ibu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., dan Bapak Dr. Edi Puryanto, M.Pd. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Praktisi Program Sekolah Penggerak dan Kurikulum Merdeka, Dr. Aji Septiaji. M.Pd.

Seminar KKL merupakan rangkaian akhir dari beberapa rangkaian proses di lapangan. Kegiatan KKL ini dilaksanakan secara luring dan daring, di mana mahasiswa dibagi dalam enam kelompok, tiga kelompok PB1 dan tiga kelompok PB2. Mereka melakukan studi lapangan ke beberapa tempat seperti Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Pusat Kurikulum dan Pembukuan, dan P4TK Bahasa.

Mahasiswa membahas tentang perlindungan, pembinaan, dan pengembangan bahasa yang dilakukan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa agar bahasa Indonesia tidak punah serta terus menyebar ke seluruh dunia. Dalam wawancara ke Pusat Kurikulum dan Pembukuan,, menjelaskan tentang bahan ajar, proses penulisan bahan ajar, sampai penerbitan. Ketika wawancara dengan Koorprodi PBSI di P4TK Bahasa membahas kurikulum merdeka, pelajar pancasila, dan menjadi pendidik yang baik. (RO)