Pada Sabtu, 21 Mei 2022, pukul 08.00-16.30 WIB, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Seminar Bahasa dan Budaya Betawi (SEHATI) secara daring melalui Zoom Cloud Meetings. Seminar ini membahas tentang Bahasa dan Budaya Betawi serta bagian dari Mata kuliah Keterampilan Berbicara Interaktif dengan dosen pengampu Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si., dan Ibu Reni Oktaviani, M.Pd. Seminar ini juga dihadiri Wakil Dekan III, Ibu Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd., Koorprodi PBSI, Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., serta peserta dari dalam maupun luar UNJ.

Kegiatan yang bertema Meningkatkan Eksistensi Budaya dan Bahasa Betawi di Era Digital dan Sosial ini diawali dengan pembacaan kalam ilahi lalu sambutan dari Wakil Dekan III FBS UNJ. Kemudian laporan pelaksanaan oleh ketua pelaksana, Akhmad Wahyudin, sambutan dosen pengampu, Ibu Reni Oktaviani, M.Pd., sambutan dan pembukaan Koorprodi PBSI, Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. Seminar ini merupakan Ujian Akhir Semester (UAS) Mata kuliah Keterampilan Berbicara Interaktif dengan menghadirkan Bapak Setyohadi Wiratmoko dan Ibu Iis Duwiyanti.

Pada sesi pertama, materi disampaikan oleh para mahasiswa dengan cara presentasi dari setiap kelompok dengan pembahasan tertentu. Materi yang disampaikan tentang lenong Betawi, Ondel-ondel Betawi, Kuliner Betawi, dan Alat Musik Betawi. Bapak Setyohadi Wiratmoko menyampaikan materi Ondel-ondel Betawi bersama para mahasiswa.

Pada sesi kedua, materi yang dibahas tentang Bahasa Betawi, Tradisi Pernikahan Betawi, Lagu Adat, dan Tarian Betawi. Ibu Iis Duwiyanti membahas tentang Tarian Betawi. Proses kegiatan ini dilakukan dengan cara presentasi dari setiap kelompok dan membuka sesi tanya jawab setelahnya. Terakhir pengumuman hadiah lawang untuk peserta terbaik dalam memberikan pertanyaan dalam seminar ini. (RO)