Pada Kamis, 19 Mei 2022, pukul 13.00-14.00 WIB, mahasiswa kelas 2PB2 Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dalam mata kuliah Evaluasi Pembelajaran dengan dosen pengampu Ibu Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd., melaksanakan kelas terakhir mata kuliah Evaluasi Pembelajaran dengan mengundang dosen tamu Ibu Murniati, S.Pd., yang membahas tentang penulisan nilai akhir siswa atau biasanya disebut dengan nilai rapor. Ibu Murniati, S.Pd., merupakan guru kelas VII dan IX Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 28 Jakarta, Johar Baru, Jakarta Pusat. Kegiatan kelas terakhir ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings. Peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa tingkat kedua, angkatan tahun 2020 yang sedang menempuh semester IV.

            Kegiatan ini membekali mahasiswa mengenai pengetahuan tentang penulisan nilai akhir siswa dan juga tata cara apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah menulis nilai akhir. Dalam kegiatan kali ini tidak ada sesi tanya jawab secara khusus karena mengusung konsep bebas tetapi santai, jadi mahasiswa dapat langsung bertanya tanpa harus menunggu sesi tanya jawab dibuka. Kegiatan ini ditujukan agar mahasiswa nantinya dapat menulis nilai akhir siswa dengan standar-standar yang telah ditentukan. Juga disinggung sedikit mengenai cara membuat soal-soal ujian yang nantinya akan berguna sekali dalam pengisian nilai akhir.

            Kegiatan ini bukan hanya sebagai kegiatan pengisi kelas terakhir mata kuliah Evaluasi Pembelajaran saja, tetapi juga diharapkan dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa menjadi terdorong juga memahami cara penulisan nilai akhir siswa. Selain itu, diharapkan nantinya ilmu yang didapat dari kegiatan ini bisa diaplikasikan nanti saat mahasiswa menjadi pengajar, baik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau di Sekolah Menengah Atas (SMA), di masa depan kelak. (SA)