Kamis, 10 Maret 2022, pukul 08.00-10.00 WIB, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Sosialisasi Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNJ Edisi VII. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings. Kegiatan ini dihadiri oleh rektor, para dekan, wakil dekan, para koorprodi, dan para dosen di lingkungan UNJ. Hadir pula, Dekan FBS UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Ibu Dra. Sri Suhita, M.Pd., Ibu Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum., Ibu Reni Oktaviani, M.Pd., dan Ibu Hestiyani Parai, M.Pd.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si. Kemudian sambutan dan arahan dari Rektor UNJ, Bapak Prof. Dr. Komarudin, M.Si. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Bapak Dr. Iwan Sugihartono, M.Si., Bapak Dr. Setia Budi, M.Sc., dan Bapak Kuntur, S.Pd.

Bapak Dr. Iwan Sugihartono, M.Si., memaparkan tentang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat diusulkan berupa kriteria dan persyaratan umum. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang jangka waktu, luaran wajib, dan luaran tambahan. Skema penelitian meliputi Penelitian Kolaboratif Internasional, Penelitian Kolaboratif Nasional, Penelitian Produk Inovasi, Penelitian Penugasan Pusat Unggulan Iptek, Penelitian Penugasan Institusional Universitas, Penelitian Penugasan Institusional Fakultas atau Pascasarjana, Penelitian Produk Karya Seni dan Sastra, Penelitian Calon Guru Besar, Penelitian Dasar Fakultas atau Pascasarjana, Penelitian Terapan Fakultas atau Pascasarjana, dan Penelitian Dosen Muda Fakultas. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) terdiri atas 5 bidang meliputi PkM Kolaborasi Internasional, PkM terintegrasi KKN, PkM Penugasan Wilayah Binaan Unggulan, PkM Wilayah Binaan Fakultas, dan PkM Kemitraan Dunia Usaha, Pemda, dan Institusi Pendidikan.

Adapun, Bapak Dr. Setia Budi, M.Sc., menjelaskan tentang Panduan Pelaksaan PkM di Wilayah Binaan UNJ. Kegiatan ini dilakukan sebagai tempat implementasi kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, implementasi program MBKM, dan program peningkatan IKU universitas. Beliau juga menjelaskan program wilayah binaan, mekanisme kegiatan wilayah binaan, potensi Desa Cisaat, dan permasalahan umum desa wisata edukasi Cisaat. Adapun, Bapak Kuntur, S.Pd., mempraktikkan unggah proposal di SIPP UNJ, petunjuk unggah dokumen persyaratan proposal pada tahapan penilaian, dan petunjuk memasukkan catatan harian. (RO)