Selasa, 5 April 2022, pukul 08.30-16.00 WIB, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Sosialisasi Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings. Kegiatan ini dihadiri oleh para dekan di lingkungan UNJ, Dekan FBS UNJ, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., para asesor UNJ, para koorprodi, Koorprodi Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., para GPJM dan TPJM.

Kegiatan ini dilakukan untuk sosialisasi penyusunan dan penilaian LAMDIK pada 68 program studi di lingkungan UNJ oleh Satuan Penjaminan Mutu UNJ (SPM UNJ) secara daring.  Narasumber dalam kegiatan ini, Guru Besar UNS atau Ketua TIM Akreditasi LAMDIK, Bapak Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd. Beliau menjelaskan mengenai komposisi laporan evaluasi diri yang mencakup profil UPPS 9 butir berbobot 10%, kriteria 73 butir berbobot 85%, dan analisis permasalahan dan pengembangan PS 3 butir bobot 5%.

Beliau juga memaparkan tentang sumber daya manusia yang sesuai meliputi kebijakan rekrutmen dosen dan tendik, kualifikasi akademik DTPS, jabatan fungsional DTPS, jabatan sertifikasi pendidik DTPS, rasio DTPS dengan mahasiswa, beban kerja DTPS, kehadiran mengajar DTPS, pengembangan kompetensi dan karier DTPS, rektutmen tendik, profil tendik, pengembangan kompetensi dan karier tendik, serta kepuasan dosen dan tenaga kependidikan tentang manajemen SDM. Isi kurikulum Dikti meliputi identitas prodi; evaluasi kurikulum dan tracer study; landasan pengembangan kurikulum; rumusan visi, misi, tujuan, dan strategi; rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL); penetapan bahan kajian; pembentukan mata kuliah dan besaran SKS; struktur mata kuliah; Rencana Pembelajarn Semester; rencana implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka; manajemen dan mekanisme pelaksanaan kurikulum. Selain itu, beliau juga menjelaskan analisisis permasalahan dan pengembangan prodi meliputi evaluasi capaian kinerja, permasalahan dan pemecahan, serta program pengembangan. (RO)