Pada Rabu, 16 Februari 2022, pukul 13.00-15.30 WIB, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) menyelenggarakan seminar dan diskusi daring dengan tema Gamification dalam Pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings. Kegiatan ini dihadiri oleh Koorprodi Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., serta para dosen Prodi PBSI yaitu Ibu Dra. Sri Suhita, M.Pd., Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si., Ibu Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum., Ibu Reni Oktaviani, M.Pd., dan Ibu Hestiyani Parai, M.Pd.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan ketua LP3, Bapak Dr. Muhammad Zid, M.Si. Kemudian sambutan dan pembukaan oleh Rektor UNJ, Bapak Prof. Dr. Komarudin, M.Si. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Founder Look Media dan Guru Kreatif ID, Bapak Angga Liberty Pratama, M.Pd. Beliau menjelaskan tentang masalah pembelajaran yang disebabkan beberapa hal seperti tidak menyenangkan, membosankan, tidak melibatkan siswa, kurang aplikatif, tidak menantang, dan tidak kompetitif. Hal lainnya, pembelajaran di masa pandemi dianggap tidak efisien, muncul masalah sosial pada pendidikan anak, pendidik gagap dalam pembelajaran daring, dan  terlalu banyak penugasan.

Pembelajaran menarik selama daring dapat  menggunakan animasi. Gamification dalam pembelajaran membantu guru dalam menjelaskan materi. Selain itu, peserta didik akan lebih menarik dengan berbagai aplikasi Gamification. Pemanfaatan gamification melalui dinamika dan mekanisme gim mencakup point, leaderboard, progress bar, avatar, rewards, narasi, dan social gift. Elemen gamifikasi meliputi konteks belajar, jalan cerita, dadu, poin, badges, avatar, rintangan, dan karakter. Adapun tujuan gamifikasi untuk meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa, kemampuan menyelesaikan masalah, kerja sama tim, dan membuat kelas lebih dinamis. Selain itu, gamifikasi struktural menggunakan elemen gim pada instruksi pembelajaran tanpa mengubah konten pembelajaran. (RO)