Pada Jumat, 14 Januari 2022, pukul 09.00-15.00 WIB, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyakat (LPPM) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Klinik Proposal Pengabdian kepada Masyarakat Sumber Dana Kemendikbudristek Tahun 2022. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings. Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ, yaitu Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si., dan Ibu Reni Oktaviani, M.Pd. Hadir pula dosen di lingkungan UNJ.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Reviewer Nasional Kemendikbudristek/BRIN, Bapak Prof. Dr. med.vet. drh. Raden Wisnu Nurcahyo. Beliau memaparkan tentang pengusulan skema pengabdian kepada masyarakat meliputi penerapan Iptek masyarakat, penerapan Iptek pengembangan kewilayahan, dan penerapan usaha produksi inovasi vokasi. Beliau juga memaparkan outline berupa kebijakan, inovasi program, skim, dan strategi. Fokus pengabdian kepada masyarkaat era MBKM mencakup green economy, blue economy, teknologi tepat guna dan STEM, pariwisata, teknologi dan alat kesehatan, serta teknologi digital.

Dalam evaluasi administrasi, tim pengusul memiliki kompetensi multidisiplin sesuai dengan bidang yang diusulkan, minimal dua kompetensi. Mitra sasaran sesuai dengan ketentuan. Selain itu, melampirkan dokumen pernyataan mitra sasaran. Selain itu, penulisan usulan sesuai panduan dan melibatkan mahasiswa. (RO)