Selamat dan sukses kepada Amelia Effendy, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yang telah lolos dalam serangkaian tahapan Lomba Pidato Antarabangsa Bahasa Melayu (PABM) Malaysia, dalam rangka memperebutkan Piala Perdana Menteri Malaysia tahun 2021. Amelia yang dibimbing dan dilatih oleh dosen Prodi PBSI FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana, sejak Juli 2021 mempersiapkan naskah pidato yang akan disajikan pada tes awal Lomba PABM ini. Amelia memilih topik Pendidikan Abad ke-21 Berteraskan Nilai mempersoalkan pentingnya aplikasi dan teknologi bahasa Augmented Reality dalam memartabatkan bahasa melayu dan mempersiapkan pelajar menghadapi pendidikan abad ke-21 berteraskan nilai-nilai. Augmented Reality ini pula yang menjadi produk skripsi Amelia. Wawancara dan tes awal telah dijalani Amelia sejak Agustus 2021, dan semifinal dilaksanakan pada 21 September 2021.

Dalam mempersiapkan tahap semifinal dan menghadapi 28 peserta (20 peserta kategori antarabangsa yang terdiri atas negara Cina, Jepang, Amerika, Italia, Uzbekistan, Rusia, Mali; serta 8 peserta kategori alam melayu dan antarabangsa yang terdiri atas negara Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Thailand), Amelia berlatih berpidato melalui Google Meet hingga tengah malam di bawah bimbingan Ibu Lia. Untuk memastikan kualitas naskah pidato berbahasa Melayu, Ibu Lia bersama Encik Khairul Anwar dari Kuala Lumpur, Malaysia turut membantu memberikan sumbang saran terhadap naskah pidato yang telah disusun Amelia. Pada latihan awal di bulan Juli, Encik Khairul dan Ibu Lia mengarahkan Amelia agar merujuk pada model-model Juara PABM seperti Wahyudi, alumni Prodi PBSI FBS UNJ yang pada 2012 pernah berhasil meraih juara ketiga dalam lomba pidato internasional yang bergengsi tersebut, serta para juara lainnya dari Malaysia.

Pada 20 September 2021, Amelia melaksanakan geladi bersih pidato di Studio Audiovisual Pusat Sumber Belajar di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 3 UNJ sejak pukul 13.00-17.00 WIB. Kemudian pada 21 September 2021, sejak pukul 08.00 WIB, Amelia telah masuk Zoom Cloud Meetings bersama para peserta lainnya untuk menyaksikan seorang demi seorang peserta tampil berpidato. Amelia yang mendapat urutan ke-7 setelah Thailand ini, tampil berbusana adat melayu Sumatera dengan sangat memukau dan penuh percaya diri. Hasil 5 peserta kategori alam melayu dan antarabangsa yang lolos ke babak final diumumkan pada pukul 15.00. Hasilnya, Amelia disebutkan namanya mewakili Indonesia dari Universitas Negeri Jakarta yang layak masuk ke final Lomba PABM secara luring pada November 2021 mendatang di Universiti Teknologi Malaysia. Selamat dan semoga sukses dalam menjalani tahap final mendatang, Amelia Effendy. Apresiasi diberikan kepada segenap pihak yang terlibat dan mendukung Amelia Effendy. Pimpinan FBS (Dekan dan Wakil Dekan III), dan Koordinator Prodi PBSI, dospem kemahasiswaan Prodi PBSI, para pelatih Amelia (Ibu Lia dan Encik Khairul), para dosen Prodi PBSI, teknisi PSB (Pak Jalil), serta mahasiswa dan alumni FBS UNJ (Suwandi, Qori, Annisa, Witri) yang turut menjadi kru saat geladi bersih dan semifinal berlangsung. (nlm)