Dua dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada kali kedua terlibat dalam Program BIPA Musim Panas atas kerja sama FBS UNJ dengan Hochshule Konstanz Fur Teknik, Wirtschaf und Gestaltung (HTWG Konstanz University of Applied Sciences. Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.), dan Ibu Etsa Purbarani, M.Pd. pada 10 s.d. 22 Agustus 2020 lalu pun menjadi pengajar pada Kelas Ketarampilan Membaca dan Keterampilan Menulis dalam Program BIPA Musim Panas. Kali ini, program tersebut diselenggarakan pada 26 Juli hingga 6 Agustus 2021.

            Kegiatan pembukaan Program BIPA Musim Panas ini dilaksanakan pada Senin, 26 Juli 2021, pukul 13.00-13.30 WIB melalui zoom. Pada kesempatan ini, Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si. turut hadir memberikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi. Sebelumnya, Dekan FBS (Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.) dalam sambutannya menyampaikan kepada Rektor UNJ bahwa kegiatan Program BIPA Musim Panas secara daring kerja sama FBS UNJ dan HTWG Kontanz ini merupakan kegiatan kedua kalinya pada masa pandemi Covid-19 ini. Program ini dilaksanakan selama sepuluh hari dengan melibatkan 4 dosen BIPA, 2 di antaranya dari Prodi PBSI. Selain itu, dua alumni Prodi PBSI (Ibu Marlina, M.Pd. dan Ibu Novietri, S.Pd., M.Hum.) pun terlibat mengampu Keterampilan Berbicara dan Keterampilan Menyimak bagi mahasiswi HTWG Konstanz, Jerman seperti tahun lalu.

Dari pihak HTWG Konstanz, Prof. Dr. Christian von Lüebke (profesor untuk Studi Asia Tenggara dan Penanggung Jawab Regional Asia Tenggara Konstanz University of Applied Sciences, Germany, HTWG Konstanz) beserta Ibu Dra. Andi Nurhaina (dosen HTWG Konstanz) membawa serta 6 mahasiswi HTWG Konstanz peserta Program BIPA Musim Panas. Ibu Andi Nurhaina selanjutnya memandu sesi perkenalan para mahasiswi HTWG Konstanz. Satu demi satu mahasiswi ini memperkenalkan diri di hadapan segenap yang hadir di zoom. Seperti halnya tahun lalu, para mahasiswi Jerman ini pun ingin sekali belajar bahasa dan budaya Indonesia secara langsung di UNJ. Namun, pandemi Covid-19 ini membuat keinginan mereka sejak tahun lalu ingin ke Indonesia, kembali harus dipendam.

Selepas kegiatan pembukaan, pada pukul 13.30 WIB, keenam mahasiswi HTWG Konstanz ini kemudian langsung memulai belajar BIPA dengan tema profesi unik di Indonesia bersama Ibu N. Lia Marliana pada kelas Keterampilan Membaca hingga pukul 14.30. Setelah berehat 10 menit, Ibu Etsa Purbarani melanjutkan memberikan materi Keterampilan Menulis BIPA kepada enam mahasiswi dalam usia 22-23 tahun ini. (nlm)