Pada Kamis, 22 Juli 2021, Komunitas Literasi Betawi bekerja sama dengan Rumah Seni Asnur menyelenggarakan Peluncuran Buku dan Parade, Baca Puisi Jakarta dan Betawi. Kegiatan ini dihadiri oleh pendiri Komunias Literasi Betawi sekaligus dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta UNJ,yaitu Ibu Dr. Tuti Tarwiyah Adi, M.Si., dan Bapak Drs. Sam Muchtar Chan, M.Si. Hadir pula Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan, Sekda DKI Jakarta, kepala biro di DKI Jakarta, dan para penyair

Kegiatan ini diawali dengan doa kemudian laporan ketua pelaksana sekaligus ketua Komunitas Literasi Betawi, Bapak Drs. Sam Muchtar Chan, M.Si. Beliau mengemukakan bahwa Komunitas Literasi Betawi bekerja sama dengan SMK Gama Caraka memberikan fasilitas untuk melaksanakan acara ini secara virtual. Terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta yang sangat peduli terhadap kegiatan ini. Selain itu, terima kasih kepada Pemda DKI melalui dinas pendidikan dan dinas kebudayaan memberikan dukungan untuk acara ini.

Pengenalan Komunitas Literasi Betawi dilakukan untuk memberikan informasi mengenai kegiatan ini. Selanjutnya, sambutan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan. Orasi puisi oleh Bapak Syem N.Chaesy. Pembacaan puisi oleh presiden penyair Indonesia, Bapak Sutardji Calzoum Bachri. Penyair Multimedia, Bapak Asrizal Nur, Direktur Eksekutif Gerbang Betawi, Bapak dr. Ashari, penyair, Bapak Yahya A.Saputra, dan lainnya. Tidak ketinggalan pembacaan puisi dari ketua Komunitas Literasi Betawi sekaligus dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Bapak Drs. Sam Muchtar Chan, M.Si. Dalam peluncuran buku puisi ini melibatkan 110 penyair. Dua dosen yang terlibat dalam peluncuran buku puisi ini yaitu Bapak Drs. Sam Muchtar Chan, M.Si., dan Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. (RO)