Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan diskusi kelompok terpumpun dengan tema Peluang dan Tantang LPTK pada Abad 21 secara daring melalui Zoom Meetings. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 06 April 2021, pukul 10.00-12.10 WIB ini dihadiri 55 dosen di lingkungan FBS.  Hadiri pula Dekan FBS, Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.; Wakil Dekan I, Bapak Dr. Ifan Iskandar, M.Hum.; Wakil Dekan II, Ibu Dr. Dian Herdiati, M.Pd.; dan Wakil Dekan III, Bapak Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. Kegiatan ini juga dihadiri Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd., serta para dosen Prodi PBSI yaitu Bapak Nur Sekhudin, S.Pd., M. Hum., Ibu Etsa Purbarani, M.Pd., Ibu Reni Oktaviani, M.Pd., dan Hestiyani Parai, M.Pd.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Dekan FBS, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Narasumber dalam kegiatan ini Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc dan Guru Besar UNJ, Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A., dengan moderator Dr. Frida Philiyanti, M.Pd. Narasumber pertama, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc., menjelaskan tentang tantangan SDM pembangunan Indonesia era revolusi industri 4.0, dampak dunia digital era revolusi 4.0, gejala-gejala transformasi di Indonesia, strategi menghadapi era digital, elemen-elemen utama LPTK dalam menyiapkan guru profesional, tujuan pendidikan tinggi, dan rencana strategis (renstra).

Adapun, Prof. Dr. Ilza Mayuni memaparkan tentang tantangan perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0, perubahan paradigma dalam tata kelola perguruan tinggi, perencanaan berdsarkan statuta dan renstra, literasi abad 21, penguatan komitmen, penguatan kepemimpinan dan tata kelola, dan penguatan kerja sama antarprodi. Setelah pemaparan materi, sesi tanya jawab. Kegiatan ini ditutup oleh Dekan FBS. (RO)