Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Forum Diskusi Terpumpun dengan tema “Membangun Jejaring lnternasional, Mewujudkan Visi UNJ Bereputasi di Kawasan Asia” pada Kamis, 11 Februari 2021, pukul 14.00-selesai. Kegiatan ini dilakukan luring di Ruang Sidang Lt. 8 Gedung UTC dan daring melalui Zoom Meetings. Kegiatan yang dilakukan secara luring ini dihadiri oleh Ketua Senat UNJ, Sekretaris Senat UNJ, Para Ketua Komisi Senat UNJ, para wakil rektor, ketua LPPM, ketua LP3, para dekan, direktur pascasarjana, para kepala biro, ketua SPI, kepala BPU, kepala BPS Labshool, Kepala Unit Bisnis Edura, kepala Humas dan IP, kepala KUI, kepala UPT TIK, kepala UPT Bahasa, kepala UPT Perpustakaan, kepala UPT Layanan Bimbingan dan Konseling, kepala Kantor Admisi, Kepala Klinik Pratama PLKK UNJ, parawakil dekan, wakil direktur pascasarjana, para sekretaris lembaga, sekretaris badan, sekretaris eksekutif rektor, staf khusus rektor, staf pengembang wakil rektor, serta Ketua dan Sekretaris Jenderal IKA UNJ.

Kegiatan secara daring dihadiri oleh anggota senat UNJ, para koordinator prodi pascasarjana, para koordinator prodi fakultas, para kepala divisi, para kabag dan kasubag BK, BAKH, dan BUK, ketua PPG, para koorpus lembaga, sekretaris kantor, sekretaris satuan, serta sekretaris PPG. Hadir pula Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., dan Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. Narasumber kegiatan ini, yaitu Dubes RI di Nairobi merangkap Watap RI untuk UNEP dan UN-Habitat, Dr. Mohammad Heri Syarifudin, Duta Besar LBBP RI untuk Etiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, dan Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni UNJ, Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A.

Materi yang dipaparkan oleh narasumber, yaitu Peran Perwakilan RI dalam Pengembangan Pendidikan, Format Kerja Sama, Indeks Kinerja Kerja Sama Internasional, Prinsip Kerja Sama, dan Tantangan. Tantangan dalam hal ini yang bersifat standar internasional yang meliputi program, pengelolaan, kurikulum, dan akreditasi. Agar tercapai kerja sama yang baik antara UNJ dan duta besar Etiopia, kegiatan ini akan terus dijembatani sehingga terlaksana dengan baik. (RO)