• 0214895124
  • gpjm-fbs@unj.ac.id
  • Opening: 10:00am - 5:00pm

Hubungi Kami(021) 489-5124

Emailgpjm-fbs@unj.ac.id

AlamatKampus A Gedung Dewi Sartika Lantai 8, UNJ.

Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi Pend. Musik

1.1 Kebijakan

Kebijakan yang mengatur penyusunan Visi, Tujuan dan Strategi Program Studi Pendidikan Musik  
1 Permenristekdikti Nomor 42 Tahun 2018 tentang Statuta Universitas Negeri Jakarta; 
2 Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Jakarta Nomor 7 Tahun 2020 tentang Rencana Program Jangka Panjang (RPJP) UNJ 2020-2045;
3 Surat Keputusan Rektor Universitas Negeri Jakarta  Nomor 8 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Bisnis  UNJ Tahun 2020-2024.
4

SK Dekan FBS UNJ No 2432.a/UN39.5.FBS/HK/2020 tentang Rencana Strategis FBS UNJ tahun 2020-2024

5

SK Nomor 2a/UN39.5.FBS/HK/2020 tentang Penetapan VMTS FBS UNJ

6

SK 2418.a/UN39.5.FBS/HK/2020 tentang Tim Perumus VTS Prodi Pend. Musik

7 SK No. 1192.a/UN39.5.FBS/HK/2021 tentang Pengesahaan VTS Prodi Pend. Musik
8 Rapat Tinjauan Manajemen
   
Kebijakan yang mengatur sosialisasi Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Program Studi Pendidikan Musik sebagai berikut:
1 Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
2 Peraturan Pemerintah RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3 Permen Ristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
4 Permenristekdikti Nomor 42 Tahun 2018 tentang Statuta Universitas Negeri Jakarta.

1.2 Pelaksanaan

1.2.1 Mekanisme Penyusunan Visi Keilmuan dan Tujuan PS

Mekanisme penyusunan visi keilmuan PS dan tujuan PS melalui beberapa tahapan dan  melibatkan para pihak:

      1. Tahap Pertama, program studi mempelajari Undang-Undang RI Sisdiknas, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, serta surat keputusan Rektor yang relevan utuk landasan hukum penyusunan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi.
      2. Tahap Kedua, program Studi mencermati Visi, Misi dan Tujuan Universitas Negeri Jakarta dan Fakultas Bahasa dan Seni.
      3. Tahap Ketiga, melakukan analisis terhadap hasil tracer study untuk memperoleh informasi kecenderungan bidang profesi yang ditekuni oleh para lulusan. (data di adit)
      4. Tahap Keempat, mengikuti seminar-seminar dengan narasumber tentang persiapan akreditasi  yang membahas penyusunan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi
      5. Tahap Kelima, perumusan Visi, MIsi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Musik.  Pada tahap kelima ini dilakukan beberapa langkah, yaitu:
      6. penyusunan draf Visi, Misi dan Tujuan oleh kelompok kecil yaitu tim khusus yang dibentuk oleh Kordinator Program Studi, yaitu tim pengembang kurikulum Prodi Pendidikan Musik dikoordinir oleh Kordinator Program Studi Pendidikan Musik (pakai SK)
      7. pembahasan draf Visi, Misi dan Tujuan bersama dosen-dosen Program Studi Pendidikan Musik dalam rapat dengan agenda pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Musik;
      8. pembahasan draf Visi, Misi dan Tujuan melibatkan pihak luar, dilaksanakan melalui  lokakarya yang dihadiri oleh  dosen, serta mengundang pengguna lulusan yang mewakili pihak sekolah formal, non formal maupun lembaga kursus musik. (pakai tracer study)
      9. penyelarasan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Musik dengan hasil lokarya yang mengundang mewakili pihak sekolah dan sanggar musik, dilakukan oleh tim kurikulum program studi.
      10. Tinjauan hasil rumusan Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Musik oleh tim reviewer kurikulum  yang dibentuk oleh  Universitas Negeri Jakarta. (hasil review sfd)

1.2.2 Rumusan Visi Keilmuan

VISI

Unggul dalam menghasilkan lulusan yang menguasai pengintegrasian teknologi, pedagogi, ilmu musik, memiliki kemampuan meneliti dalam bidang musik, dan memiliki jiwa wirausaha, adaptif serta mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara.

TUJUAN dan STRATEGI:

Tujuan

 

Strategi

a.    Menghasilkan lulusan yang menguasai dan mampu menerapkan bidang keilmuan musik dalam pendidikan formal dan non formal.

 

Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang musik formal dan non formal.

 

 

 

b.    Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian dan siap berkompetisi dalam pengembangan ilmu yang berkelanjutan.

 

Melaksanakan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri.

Mengembangkan kegiatan musik barat dan tradisi melalui lomba dan pagelaran di tingkat nasional, regional dan internasional.

Mengirim dosen sebagai praktisi dan mengundang praktisi dalam kegiatan pembelajaran.

c.   Menghasilkan lulusan yang menguasai pengintegrasian teknologi, pedagogi, dan konten musik.(E, K)

 

 

Memanfaatkan teknologi kekinian untuk menunjang pembelajaran musik.

Mengembangkan sistem informasi teknologi yang dapat diakses berbagai pihak melalui sosial media yang dimiliki prodi: Instagram, Youtube, Website, Facebook.

d.   Menghasilkan lulusan yang mampu bernyanyi dan memainkan alat musik barat dan tradisi

 

Mengembangkan keunggulan dalam metode pengajaran musik berbasis budaya.

e.    Menghasilkan lulusan yang menguasai berbagai metode pembelajaran musik.

 

Memanfaatkan teknologi kekinian untuk menunjang pembelajaran musik.

f. Menghasilkan lulusan yang mampu memecahkan masalah pendidikan musik di abad 21.

 

Melaksanakan pemutakhiran kurikulum sesuai kebutuhan pendidikan abad ke 21.

g.   Menghasilkan lulusan yang dapat melaksanakan penelitian dalam bidang musik

 

Melaksanakan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, dan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa dalam bidang musik.

h.   Menghasilkan lulusan yang mampu berwirausaha dalam bidang musik.

 

Mengirim dosen dan mahasiswa mengikuti berbagai seminar, pelatihan, lokakarya baik dalam bidang pembelajaran musik, teknologi musik, penelitian, dan kewirausahaan.

i.    Menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi, fleksibel, dan toleransi.

 

Mengembangkan keunggulan dalam metode pengajaran musik berbasis budaya.

Mengirim dosen dan mahasiswa berkegiatan di luar kampus, baik dalam dan luar negeri. (KGKN, Pandoraya, BCO, JES).

j.    Menghasilkan lulusan yang mampu berpikir kritis, komunikatif, dan kolaboratif.

 

Mengirim dosen dan mahasiswa Mengirim dosen dan mahasiswa berkegiatan di luar kampus, baik dalam dan luar negeri. (KGKN, Pandoraya, BCO, JES).

PROFIL LULUSAN

Calon Pendidik Musik, Peneliti Bidang Musik, dan Wirausaha Bidang Musik

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

a. sikap

1)  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.

2)  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.

3)  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan

      peradaban berdasarkan Pancasila.

4)  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab  pada negara dan bangsa;

5)  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal

       orang lain.

6)  Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7)  Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8)  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9)  Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10)  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

11) Memiliki sikap adaptif, fleksibel, berpikiran terbuka untuk menjadi warga global.

 

b. Keterampilan Umum (S-1)

1)  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan  menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2)  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3)  Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4)  Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

5)  Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

6)  Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

7)  Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

8)  Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, dan

9)  Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

10)  Mampu memecahkan masalah dari berbagai pendekatan.

11)  Mampu menerapkan keterampilan abad 21 yang mencakup berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, berpikir komputasi, dan berempati.

c. Keterampilan Khusus

1)  Mampu mengaplikasikan konsep dan teori musik, ilmu harmoni, dan komposisi,  bentuk dan Analisa musik.

2)  Mampu bernyanyi dan memainkan instrumen musik barat dan tradisi dengan baik dan benar secara individu maupun kelompok.

3)  Mampu menyajikan karya-karya musik dari berbagai periode musik.

4)  Mampu menyusun perencanaan pembelajaran.

5)  Mampu membuat aransemen karya musik.

6)  Mampu membuat komposisi karya musik.

7)  Mampu mengevaluasi pembelajaran musik.

8)  Mampu mendireksi/memberi aba-aba pada kelompok musik/vokal dengan berbagai tanda-tanda musik.

9)  Mampu mengaplikasikan konsep pendidikan musik.

10)  Memiliki kemampuan berwirausaha di bidang pendidikan musik.

11)  Mampu mengelola pertunjukkan musik.

12)  Mampu mengaplikasikan konsep dan pengintegrasian teknologi pada pendidikan musik.

13)  Mampu mengkomunikasikan dan mempublikasikan karya dalam lingkup pendidikan musik.

14)  Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan musik sesuai kebutuhan abad ke 21.

15)  Mampu menerapkan prinsip pendidikan abad ke 21.

 

1.2.3 Tingkat Pemahaman Visi Keilmuan dan Tujuan PS

1.3 Evaluasi

1.4 Tindak Lanjut

Poin Tindak Lanjut Upaya Tindak Lanjut Waktu Tindak Lanjut
Pengukuran visi keilmuan PS. UPPS bersama SPMI membuat instrumen pemahaman terkait visi keilmuan PS. Saat mahasiswa awal semester. 
Sosialisasi visi belum maksimal. UUPS memasukan dalam laman fakultas terkait visi keilmuan prodi. Sudah direalisasikan.
UPPS melakukan roadshow terkait VMTS FBS UNJ ke seluruh progam studi. 6-9 September 2021, telah dilakukan road show dekanat ke seluruh program Studi di FBS.
Hasil survei pemahaman visi dianalisis. Penyelarasan visi prodi dengan UPPS melalui pemutakhiran RESTRA. 2022
https://dinperinnaker.rembangkab.go.id/wp-includes/assets/
https://bmp.net.id/docs/
https://alumni.ceat.uplb.edu.ph/wp-content/upgrade/
https://amtec.ceat.uplb.edu.ph/wp-content/gallery/
https://biomech.ceat.uplb.edu.ph/wp-includes/products/
http://opac-dkp.jambikota.go.id/dashboard/products/
https://bogor.perpusnas.go.id/dashboard/products/
https://inlis.singkawangkota.go.id/assets/
https://pendidikanekonomi.umpwr.ac.id/wp-content/uploads/2022/08/
https://lpminfo.umpwr.ac.id/wp-includes/images/media/
https://portal.tourism.gov.bt/MyDocument
https://lpminfo.umpwr.ac.id/wp-content/uploads/2023/08/
https://suratppg.uinmataram.ac.id/
https://simdatik.bovendigoelkab.go.id/produk/
http://pustaka.poltekatipdg.ac.id/template/products/
http://baitulhikmah.inlis.beltim.go.id/keanggotaan/nama/
https://library.unismuh.ac.id/tests/codeception/
https://library.unismuh.ac.id/keanggotaan/nama/
http://pustaka.poltekatipdg.ac.id/js/flowplayer/
https://inlislite.banjarkab.go.id/keanggotaan/nama/
http://baitulhikmah.inlis.beltim.go.id/vendor/fortawesome/font-awesome/fonts/
http://inlislite.perpusbungkarno.perpusnas.go.id/img/
https://library.unismuh.ac.id/common/widgets/nhkey/managers/js/
http://pustaka.poltekatipdg.ac.id/lib/sphinx/css/
http://pustaka.poltekatipdg.ac.id/lib/parsedown/js/
https://library.unismuh.ac.id/guestbook/models/css/
http://baitulhikmah.inlis.beltim.go.id/inliscore/kw-themes-adminlte/assets/html/
https://inlislite.beraukab.go.id/environments/dev/common/cg-bin/
https://library.unismuh.ac.id/modif/fonts/
https://siraka.bkkbn.go.id/vendor/ezyang/
https://inlislite.beraukab.go.id/environments/prod/opac/js/
http://pustaka.poltekatipdg.ac.id/files/reports/old/
http://lu168.cs.nthu.edu.tw/R3D-BLAST/jmol/j1s/
https://siraka.bkkbn.go.id/opac/modules/Oai/css/
http://lu168.cs.nthu.edu.tw/R3D-BLAST/emboss/data/IMAGES/
https://library.unismuh.ac.id/update/inlislite3/guestbook/models/css/
http://lu168.cs.nthu.edu.tw/R3D-BLAST/PDB/PDB_OK/
http://pustaka.poltekatipdg.ac.id/simbio2/simbio_GUI/paging/css/
https://inlislite.beraukab.go.id/digitalcollection/config/css/
http://lu168.cs.nthu.edu.tw/RE-MUSIC/moreExamples/
https://siraka.bkkbn.go.id/demo/
http://lu168.cs.nthu.edu.tw/iPARTS3/tmp/
https://inlislite.beraukab.go.id/common/components/Marc/File/css/
http://pustaka.poltekatipdg.ac.id/upgrade/old_sql/cd/
https://diskominfo.tabalongkab.go.id/wp-content/uploads/2022/09/
https://diskominfo.tabalongkab.go.id/wp-content/uploads/2021/04/
http://lu168.cs.nthu.edu.tw/RE-MUSIC/demo/old/css/
https://diskominfo.tabalongkab.go.id/wp-content/uploads/2021/02/
https://spmb.teknokrat.ac.id/wp-content/uploads/wpr-addons/
https://spmb.teknokrat.ac.id/wp-includes/images/
http://baitulhikmah.inlis.beltim.go.id/guestbook/models/js/
http://baitulhikmah.inlis.beltim.go.id/baitulhikmah/keanggotaan/assets/92a33402/
https://sc.syekhnurjati.ac.id/smartcampus/source/fonts/
https://satpolpp.demakkab.go.id/wp-content/uploads/2022/02/
https://perpus.poltekkes-mks.ac.id/keanggotaan/nama/
https://sc.syekhnurjati.ac.id/smartcampus/source/font-awesome/scss/
https://perpus.poltekkes-mks.ac.id/common/components/Marc/
https://perpus.poltekkes-mks.ac.id/vendor/imagine/imagine/js/
https://perpus.poltekkes-mks.ac.id/vendor/inlislite/yii2-inlislitegii/crud/default/views/css/
https://diskominfo.bengkuluselatankab.go.id/wp-content/uploads/2022/05/
https://diskominfo.bengkuluselatankab.go.id/wp-content/uploads/elementor/thumbs/
https://perpus.poltekkes-mks.ac.id/uploaded_files/settings/images/
https://ppid.perpusnas.go.id/assets/fonts/roboto/SemiBold/
https://ppid.perpusnas.go.id/assets/uploads/galeri/
https://jdih.banjarkab.go.id/assets/libs/ionicons/dist/fonts/
https://jdih.banjarkab.go.id/assets/libs/ionicons/dist/css/
https://ppid.perpusnas.go.id/assets/uploads/galeri/
https://pmi.demakkab.go.id/wp-includes/theme-compat/css/
http://sister.poltekkesjambi.ac.id/assets/4704ebd2/min/inputmask/
https://inlislite.perpus.palopokota.go.id/uploaded_files/settings/fonts/js/index.html
http://pustaka.pematangsiantar.go.id/inlislite3/guestbook/assets/92a33402/
https://jdih.banjarkab.go.id/assets/select2/cg-bin/
https://ppid.perpusnas.go.id/assets/uploads/pesan/
http://sister.poltekkesjambi.ac.id/assets/1f19f6bb/fonts/
http://pustaka.pematangsiantar.go.id/inlislite3/guestbook/assets/de790059/
https://inlislite.perpus.palopokota.go.id/uploaded_files/temporary/marc/imported/test/index.html
http://sister.poltekkesjambi.ac.id/assets/4710a32e/fonts/
http://pustaka.pematangsiantar.go.id/inlislite3/common/components/Marc/
https://inlislite.perpus.palopokota.go.id/uploaded_files/settings/audio/js/index.html
https://setda.lampungutarakab.go.id/wp-content/uploads/2022/09/
https://ksd.pekalongankab.go.id/foto/seni/
https://ksd.pekalongankab.go.id/foto/produk/img/
https://ksd.pekalongankab.go.id/foto/pembangunan/
https://simaurembug.pekalongankab.go.id/plugins/jquery_knob/js/
https://setda.lampungutarakab.go.id/wp-content/uploads/2021/03/
https://rks.pekalongankab.go.id/wp-content/uploads/2023/11/
https://setda.lampungutarakab.go.id/wp-content/themes/twentytwenty/cg-bin/
https://jdih.banjarkab.go.id/assets/assets/images/
https://bed.bahonacollege.edu.in/wp-content/uploads/2023/03/
https://bed.bahonacollege.edu.in/wp-content/themes/sinatra/inc/core/
https://library.bahonacollege.edu.in/wp-content/upgrade/
https://bed.bahonacollege.edu.in/wp-content/uploads/elementor/thumbs/
http://pustaka.pematangsiantar.go.id/inlislite3/bacaditempat/web/bo/
https://bed.bahonacollege.edu.in/wp-includes/fonts/
http://sister.poltekkesjambi.ac.id/pengembalianmandiri/web/bo/
https://jdih.banjarkab.go.id/dokumen/bo/
https://library.dispurcollege.ac.in/wp-includes/images/media/
https://mosaic.dispurcollege.ac.in/wp-content/uploads/2023/11/
https://ppid.banjarnegarakab.go.id/wp-content/uploads/2023/12/
https://ppid.banjarnegarakab.go.id/wp-content/upgrade/xgacor/
https://ppid.banjarnegarakab.go.id/wp-includes/images/media/
https://ppid.banjarnegarakab.go.id/wp-includes/pomo/
https://ppid.banjarnegarakab.go.id/wp-content/uploads/2022/08/
https://ncc.dispurcollege.ac.in/wp-content/uploads/elementor/thumbs/